ilustrasi

Antisipasi Antraks, Hewan Ternak di Luwu Divaksin

Selasa, 31 Januari 2017 | 18:24 Wita - Editor: Syamsuddin -

Luwu, GoSulsel.com -Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Luwu melaksanakan vaksinasi terhadap hewan ternak khususnya sapi yang ada di daerah tersebut. Itu untuk mencegah penyebaran penyakit menular pada sapi seperti virus antraks.

“Kami sudah menurunkan tim petugas kesehatan untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak sapi yang ada di kampung-kampung mengantisipasi penyakit menular seperti antraks dan ngorok,” kata Ketua Tim Pemeriksa Hewan Luwu, Jumardin, Selasa (31/1/2017).

Dia mengatakan pemberian vaksin ini untuk menjaga daya tahan tubuh hewan ternak terhadap perubahan cuaca saat ini. Menurutnya, perubahan cuaca rentan membawa penyakit bagi hewan ternak. Maka dari itu, perlu dilakukan pencegahan sejak dini.

“Vaksinasi dilakukan pada sapi milik kelompok peternak maupun pribadi. Pemberian vaksin pada sapi yang masih sehat agar kondisi kesehatan ternak tetap terjaga.,” ujarnya.

Dia mengatakan hingga saat ini, pihaknya belum menemukan adanya hewan ternak di Luwu yang terkena virus antraks. Kendati demikian, pihaknya akan terus memantau secara intens dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipsi adanya wabah antraks.

“Belum ada laporan kami terima ada sapi terkena antraks. Kami berharap kepada masyarakat jika ada hewan ternak mati mendadak untuk segera melapor,” ucapnya.(*)

Koresponden: Alam