Mendulang Pendapatan Daerah dari 110 Anggota Laskar Pajak

Kamis, 02 Februari 2017 | 18:27 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Degina Adenesa  - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Makassar telah membentuk tim laskar pajak berjumlah 110 orang untuk mengoptimalisasi peningkatan pendapatan pajak daerah.

Menurut Kepala Dispenda, Irwan Adnan laskar pajak tersebut dibentuk berdasar hasil evaluasi yang menunjukkan banyaknya manipulasi yang dilakukan wajib pajak.

“Kita buat ini karena hasil evaluasi 2016 memang masih banyak wajib pajak yang tidak melaporkan pajaknya secara benar,” ujarnya Kamis, (2/2/2017).

Lebih jauh Irwan menjelaskan laskar pajak tersebut akan ditempatkan di masing-masing wajib pajak untuk merekam transaksi pajak dalam periode satu bulan.

“Cara kerjanya karena ini adalah prototipe jadi kita tetapkan 110 orang di februari, tugasnya melakukan pencatatan, pengawasan dan perlu merekam sehingga mereka bisa membuat berita acara di hari saat mereka tutup,” jelas Irwan Adnan.

Laskar pajak akan disebar ke setiap tempat usaha seperti restoran, hotel, rumah bernyanyi, dan semua titik yang berpotensi mendulang pendapatan daerah melalui pajak. Di masing-masing lokasi akan ditempatkan dua orang anggota laskar pajak.

“Di satu wajib pajak seperti restoran, hotel atau tempat hiburan kami simpan dua laskar untuk merekam transaksi waktu itu. Akhir bulan itu yang dia bayar 10% ke negara jadi tidak ada kongkalikong,” tutupnya.(*)


BACA JUGA