Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Pemerintah Sulsel akan Bangun Bendungan Pammukulu di Takalar

Kamis, 02 Februari 2017 | 21:58 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Takalar, GoSulsel.com – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo melakukan pencanangan Bendungan Pammukulu, di Desa Kale Ko’mara, Kecamatan Polobangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Kamis, (2/2/2017). Proyek ini dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang dengan menggunakan luas lahan 640 hektare.

Setidaknya ada 240 kepala keluarga yang ada di empat dusun di Desa Kale Ko’mara akan direlokasi. Untuk anggaran pembebasan lahan, pemerintah melalui APBN menyiapkan anggaran Rp270,83 miliar. Proses pembebasan dan pembayaran ganti lahan akan dilakukan mulai bulan ini.

Kepala BBWSPJ, Agus Setiawan mengatakan proses pengerjaan fisik diestimasikan sebesar Rp950 miliar dengan proyek multiyears. Bendungan ini mampu mengairi lahan pertanian seluas 6430 hektar di tiga daerah irigasi, yaitu Pammukulu, Dinggau dan Jenemarung.

“Manfaat lain bendungan ini adalah penyedian air baku 133 liter perdetik, pembangkit listrik tenaga mikro hidro 2!5 MW, perikanan tawar dan pariwisata. Kita usahakan tahun ini sudah dimulai pengerjaan fisiknya,” katanya.

Bendungan yang ditargetkan selesai dalam waktu tiga tahun ini memiliki daya tampung maksimal 81,3 juta meter kubik. Dengan tinggi bendungan mencapai 62 meter, lebar 10 meter dan panjang 807 meter.

Halaman: