FOTO: Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Magister Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Makassar, pada hari Kamis 2 Maret di Kampus Bangi Universiti Kebangsaan Malaysia/IST

NTU Singapura & UKM Malaysia Dorong Unismuh Makassar Kembangkan Kajian Pemerintahan Se-ASEAN

Sabtu, 04 Maret 2017 | 05:57 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Degina Adenesa  - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Upaya Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unismuh mengembangkan kajian tata pemerintahan negara-negara di kawasan Asia Tenggara, mendapat sambutan baik dari perguruan tinggi bereputasi sekawasan. Dalam pertemuan dengan rombongan Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Magister Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Makassar, pada hari Kamis (02/03/2017) di Kampus Bangi Universiti Kebangsaan Malaysia, disepakati untuk mendukung inisiatif pihak Unismuh ini.

Professor Mohd Ekhwan Toriman, Dekan Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan Universiti Kebangsaan Malaysia, mengatakan “Kita mendorong lah pusat studi SEAGCE ini lebih berkembang, lebih produktif dalam mengembangkan praktek-praktek berpemerintah, khususnya di wilayah semenanjung. Bisa bekerjasama dengan sumberdaya yang kami miliki,” ucapnya. Sebelumnya dukungan yang sama juga disampaikan oleh Professor Kamaludeen Mohd Nasir dari School Humanities and Social Sciences, Nanyang Technological University Singapura.

pt-vale-indonesia

Tur akademik yang dilakukan oleh Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Magister Administrasi Publik yang dilakukan 24 Februari – 3 Maret 2017, juga berhasil membangun dukungan pengembangan Southeast Asia Governance Center (SEAGCE) dengan Universiti Sultan Zainal Abidin (Unizsa) Malaysia, University of Malaya (UM) Malaysia serta National University of Singapore (NUS).

Sebelumnya Jurusan Ilmu Pemerintahan Unismuh juga telah bekerjasama dengan Political Science Association of Kasetsart University (PSAKU) Thailand dan College of Government Rangsit University Thailand.

Adapun fokus program yang akan dikembangkan oleh Southeast Asia Governance Center (SEAGCE) Jurusan Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar, seperti yang disampaikan Ahmad Harakan Djamal, pengelola SEAGCE Unismuh, yaitu “Visiting Professorship dengan menghadirkan pakar Kajian Asia Tenggara, Pembentukan Journal of Southeast Asia Governance Studies, pertukaran mahasiswa dan peneliti, kolaborasi Penelitian, publikasi, pelatihan dan konferensi sebagai komitmen SEAGCE untuk menjadi Centre of excellence kajian-kajian pemerintahan di Asia Tenggara,” terangnya.

Ke depan,  SEAGCE Unismuh sudah memiliki rencana strategis dalam mengembangkan jejaring mitra institusi dengan perguruan tinggi di Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, dan Kamboja.(*)


BACA JUGA