Dekranasda Makassar Akan Produksi Tenun Motif Lontara

Senin, 13 Maret 2017 | 13:28 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Degina Adenesa  - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Makassar bersama Dinas Perdagangan mencanangkan produksi tenun khas Makassar dengan mengambil corak lontara.

“Kita dari dekranasda mempunyai cita-cita mengangkat tenun khas Makassar, diantaranya tenun lontara, karena satu-satunya daerah yang punya huruf sendiri yakni lontara, dan itu akan kita angkat menjadi ciri khas,” ujar Indira Yusuf Ismail selaku Ketua Dekranasda Makassar, Senin (13/3/2017).

Rencananya, sebelum memproduksi tenun tersebut, Disdag akan melangsungkan pelatihan menenun bagi warga di masing-masing kecamatan. Untuk tahap awal, Disdag akan melatih sebanyak 40 orang dari 8 kecamatan.

“Masing-masing orang kalau bisa menghasilkan tenun akan mendapat nilai ekonominya. Bibit pertama ini 40 dari 8 kecamatan di Makassar,” lanjutnya.

Tak hanya itu, pelatihan tenun tersebut menggandeng salah satu perusahaan tenun nasional, Cita Tenun Indonesia, untuk mengembangkan kualitas tenun lontara.

“Kesempatan training 7 hari jadi kita bikin perkecamatan, pembinaan ini akan terus kita lakukan dan akan bekerjasama dengan cita tenun Indonesia untuk pengembangan lebih lanjut, tenun ini juga kita pamerkan di F8” tutupnya.(*)