Harga Cabai Tembus Rp130.000/Kg, Ini Kata Kadisdag Makassar

Senin, 13 Maret 2017 | 17:14 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Degina Adenesa  - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Pemerintah Kota Makassar berupaya menstabilkan harga cabai guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Saat ini, harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Makassar sudah menembus Rp130.000/Kg.

“Kami sudah ketemu Dinas Perdagangan Provinsi dan pimpinan BI mengenai stabilitas harga cabai,” kata Kepala Dinas Perdagangan Makassar, Andi Muh Yasir, usai menghadiri pelatihan tenun lontara di Hotel Ramedo Makassar, Senin (13/3/2017).

Selain itu, Disdag juga sudah bekerjsama dengan Bulog setempat untuk pasokan cabai. Hanya saja, Bulog kewalahan untuk memenuhi pasokan mengingat produksi cabai dari petani juga menurun.

Disdag mencatat pada bulan Februari lalu, Bulog hanya mengirim 500 kg cabai. Jumlah tersebut dinilai belum cukup sehingga harga cabai terus melonjak naik.



“Kami lakukan operasi pasar. Kami sudah kerja sama dengan Bulog, namun Bulog kewalahan karena stok cabai dari petani sangat kurang,” terang Yasir.

“Jadi ada beberapa pasar seperti Pa’ baeng-baeng dan Pasar Sentral entah kenapa sudah sampai Rp130.000/kg,” ucapnya.

Muh Yasir mengungkap pihaknya juga tengah menelusuri mengenai potensi kecurangan beberapa oknum yang mengakibatkan harga cabai mahal dan langka.

“Kami masih melakukan penyelidikan, kalau ada yang terindikasi saya lapor ke polisi,” pungkasnya.(*)