Rumah Harapan Indonesia (RHI), rumah pasien anak.

Anniversary RHI, Rumah Pasien Anak Kurang Mampu di Makassar

Selasa, 04 April 2017 | 14:10 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com – Rumah Harapan Indonesia (RHI) merupakan rumah singgah bagi anak sakit keras (tidak menular) dari keluarga tidak mampu dari beberapa daerah di Indonesia.

Anak yang sedang sakit ini sedang menjalani rawat jalan atau menunggu kamar perawatan/operasi di rumah sakit rujukan. Pasien anak yang tinggal di RHI berhak didampingi satu orang pendampingnya.

Selama tinggal di RHI, mereka akan mendapatkan fasilitas gratis makan tiga kali sehari, transportasi antar-jemput ke rumah sakit rujukan menggunakan mobil, dan kebutuhan sehari-hari. RHI juga dilengkapi fasilitas gratis berupa area bermain (playground), area membaca, serta kegiatan belajar mengajar.

RHI Makassar adalah kota ketiga setelah RHI Jakarta & RHI Bandung. Kemudian disusul RHI Bali, RHI Aceh & RHI Semarang. Langkah awal membentuk RHI Makassar ketika Valencia Mieke Randa atau lebih akrab dipanggil Kak Silly mengajak kakak-kakak calon volunteer untuk meet up pada tanggal 14 januari 2016.

Sejak saat itu kakak-kakak volunteer terus berusaha agar RHI Makassar bisa beroperasi hingga pada akhirnya mendapatkan sebuah rumah (sewa) yang berlokasi di Nusa Tamalanrea Indah Blok ED Nomor 9. RHI Makassar mulai menampung adik dampingan, pada 29 Maret 2016.

Sekitar 9 bulan beroperasi, dengan berbagai pertimbangan (banjir,struktur rumah,akses jalanan) RHI Makassar akhirnya berpindah lokasi di Jl Tamalanrea Raya Blok 9 M Nomor 2. Sampai saat ini, RHI Makassar sudah melayani 40 pasien adik dampingan, dan 9 diantaranya telah berpulang ke pangkuan Ilahi.

Ulang Tahun RHI Makassar yang pertama  ini mengusung tema “Bersama Berbagi Kebahagiaan” diselenggarakan di Hotel Remcy, Jl Boulevard Blok F5 Nomor 9. Selain penampilan  dari adik-adik  dampingan RHI Makassar, Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan Maizura & talent dari Actor Studio.

Sejumlah tamu yang hadir dalam acara itu seperti, Founder RHI Valencia Mieke Randa, Co-Founder RHI Raline Shah, Indira Jusuf Ismail, Ketua Brigade Kemanusiaan Yusran Sofyan, Ketua UDD PMI Kota Makassar Dr. Sukma, Camat Tamalanrea, serta beberapa komunitas.

Di ulang tahunnya yang pertama ini, besar harapan kami agar semakin banyak orang yang ingin ikut bergandengan tangan bersama RHI Makassar.

Untuk memberikan semangat serta  menghibur adik-adik pasien dampingan yang hampir kehilangan harapan berjuang melawan penyakitnya. Karena kita semua percaya, Happiness Is The Medicine.(*)