Rachmatika Dewi

Gerilya Politisi Perempuan Menuju Pilwalkot Makassar

Selasa, 04 April 2017 | 17:30 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Jelang pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar tahun 2018 mendatang, sejumlah partai politik mulai mendorong kader perempuan untuk mensosialisasikan diri. Mereka diantaranya Ketua DPC NasDem Makassar Andi Rachmatika Dewi, kader perempuan Gerindra Nunung Desniar dan Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Aliyah Mustika Ilham.

Wakil Ketua Bidang Media dan Informasi Publik NasDem Makassar, Supratman yang dikonfirmasi soal calon NasDem mengatak bahwa Cicu, sapaan akrab Andi Rachmatika Dewi adalah calon tunggal NasDem.

“Sampai saat ini baru ibu Cicu, dan memang hanya ibu Ketua satu-satunya yang akan kita dorong 01 Makassar,” kata Supra melalui sambungan telepon kepada GoSulsel.com, Selasa (4/4/2017).

Dia mengatakan bahwa dorongan terhadap balon wali kota putri tunggal NasDem Makassar juga merujuk atas restu Ketua DPP NasDem, Surya Paloh.

“Beberapa kali pak Surya Paloh datang ke Makassar kan terus menanyakan kesiapan ibu Cicu, dan terakhir di Pelantikan Garnita ibu Cicu diberi restu bertarung sama pak Surya Paloh,” kata Anggota DPRD Makassar ini.

Dikonfirmasi terpisah, Nunung Desniar mengatakan saat ini dirinya sudah melakukan sosialisasi dan penjaringan tim. Bahkan alat peraga kampanye Nunung Desniar di sejumlah titik di Kota Makassar telah memperjelas identitas kepartaian dengan menggunakan logo Gerindar.

“Saat ini kami fokus melakukan sosialisasi dengan penjaringan tim, hanya memang karena masih terkedala kesibukan di luar deerah, tapi tim tetap terus bekerja,” ungkapnya.

Dikatakannya, pihaknya juga telah melakukan komunikasi massif dengan internal partai berlambang kepala garuda itu. Dia mengatakan Gerindra mempersilahkan kadernya yang ingin maju untuk mensosialisasikan diri, kendati begituĀ  untuk mengusung pasangan calon Gerindra tetap mengacu pada hasil survei serta petunjuk tekhnis partai lainnya.

“Saya sering komunikasi dengan pak Sekretaris Gerindra Makassar (Arif Bahagiawan), komunikasi intens, respon partai juga baik, beliau memerintahkan untuk terus melakukan sosialisasi dan meningkatkan populritas,” kata Desniar.

Hingga saat ini, khsus kader Gerindra, diketahui baru Nunung Desniar yang telah secara terang – terangan memperlihatkan kesiapannya pada kontestasi politik lima tahunan itu. Ditanya soal pernyataan sikap secara resmi, Desniar mengatakan hal tetsebut belum terjadwal.

“Tapi Insya Allah dalam waktu dekat ini, kita usahakan pada saat mulai tahapan dan pendaftaran jalur partai,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA