Dewan Direktur Indonesia Eximbank, Arif Budimanta saat menghadiri acara Business Gathering Usaha Kecil Menengah Ekspor (UKME) Kawasan Timur Indonesia di Four Points by Sheraton Makassar, Kamis (06/04/17).

Eximbank Siap Bantu Biaya Ekspor Perikanan Indonesia Timur

Kamis, 06 April 2017 | 20:47 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Komoditi ekspor terbesar Indonesia ke Amerika salah satunya yaitu produk perikanan. Produk tersebut yang paling besar berasal dari Indonesia Timur. Hal tersebut diungkapkan oleh Dewan Direktur Indonesia Eximbank, Arif Budimanta saat menghadiri acara Business Gathering Usaha Kecil Menengah Ekspor (UKME) Kawasan Timur Indonesia di Four Points by Sheraton Makassar, Kamis (06/04/17).

“Produk perikanan indonesia yang saat ini sebagian besar dikonsumsi di Amerika. Salah satu ekspor andalan indonesia ke Amerika adalah produk perikanan dan sebagian dibiayai oleh Indonesia Eximbank. Dan ekspor yang besar dari Indonesia Timur,” ujarnya.

Indonesia Eximbank merupakan lembaga keuangan khusus yang didirikan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia. Lembaga ini memiliki mandat untuk melaksanakan pembiayaan ekspor nasional yang bertujuan untuk menunjang kebijakan pemerintah dalam rangka mendorong ekspor nasional.

“Eximbank dibangun untuk mendorong ekspor nasional sehingga untuk itu kita harus melakukan sinergi kelembagaan baik dengan kementerian ataupun dengan lembaga terkait, organisasi, dan menteri lainnya,” imbuh Direktur pelaksana V Indonesia Eximbank, Bonifacius Prasetyo.

Bekerjasama dengan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Indonesia Eximbank bertujuan untuk mendorong kemampuan ekspor khususnya Indonesia Timur.

“Makanya kita melakukan ini di Makassar karena kita lihat potensi dari kawasan Indonesia Timur untuk UKM Ekspor (UKME) masih besar,” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa komitmen Eximbank terhadap UKME terbilang cukup besar. Pertumbuhannya hampir 50% tahun ini dan Makassar mendapatkan porsi yang cukup besar untuk mendorong ekspor untuk pelaku ekspor di Indonesia Timur. Untuk mendorong hal tersebut, maka diadakan berbagai kerjasama dengan lembaga terkait.

“Mendorong ekspor nasional, Indonesia Eximbank tidak sendirian. Kita ada beberapa MoU dengan institusi dan lembaga yang terkait,” tukasnya.(*)