3000 Kader PKS akan Gelar Pemilihan Raya Calon Wali Kota

Jumat, 07 April 2017 | 16:17 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kota Makassar melalui Tim Pemenangan Pemilu Daerah (TPPD) akan menggelar Pemilihan Umum Raya (Pemira) untuk menjaring bakal calon Wali Kota, 16 April 2017 mendatang.

Pemira ini dilaksanakan untuk menetapkan bakal calon usungan PKS yang diinginkan oleh kader PKS di Makassar. Dalam kegiatan ini sejumlah figur baik eksternal maupun kader internal telah ditetapkan oleh PKS Makassar.

Sekretaris PKS Makassar, Muzakkir Ali Djamil mengatakan Pemira ini merupakan salah satu mekanisme penjaringan yang dilakukan PKS dalam mencari figur yang tepat untuk diusung pada Pilkada Makassar nanti.

“Dalam mekanisme yang disepakati di Tim Pilkada Makassar, proses penjaringan figur yang nantinya akan diusung PKS harus melalui Pemilihan Umum Raya . Pemira ini akan memotret harapan kader PKS terhadap figur yang diinginkan untuk memimpin kota Makassar, baik dari kalangan internal maupun eksternal partai,” kata Muda, sapaan akrab Muzakkir Ali Djamil, Jumat (7/4/2017).

Dijelaskan Muda, hasil Pemira akan menjadi salah satu dasar pertimbangan bagi partai untuk menentukan siapa yang diusung nantinya.  “Tim telah melakukan seleksi figur yang akan dipilih oleh kader pada Pemira nantinya, baik dari internal maupun eksternal,” ungkapnya.

Dari kalangan figur eksternal, TPPD PKS Makassar telah menetapkan 7 nama, yakni Moh Ramdhan Danny Pomanto, Syamsu Rizal, Ibrahim Saleh, Faroek M Beta, Irman Yasin Limpo, Aliyah Mustika Ilham, Adi Rasyid Ali dan Andi Rahmatika Dewi.

Sedangkan dari internal PKS ada 10 figur, yakni Mallarangan Tutu, Ariady Arsal, Hasan Hamido, Mudzakkir Ali Djamil, Irwan ST, Iqbal Jalil, Haslinda, Yeni Rahman dan Sri Rahmi.

“Di pemira nanti, setiap kader akan memilih 3 nama internal dan 3 nama eksternal. Selanjutnya akan dibuat peringkat sesuai dengan perolehan suaranya,” papar Muda.

Lebih jauh dia mengatakan, panitia Pemira akan menyiapkan 3 lokasi pemungutan suara yaitu di kantor DPD PKS Makassar, Kantor DPC PKS Biringkanaya dan Kantor DPC PKS Rappocini.

“Diperkirakan 3000 an kader PKS Makassar akan menyalurkan hak piliihnya di Pemira nanti,” tandasnya. (*)