(Foto: Tampak sejumlah warga Makassar memilih Taman Macan sebagai tempat untuk menunggu adzan Maghrib/Senin, 13 Juni 2016/Muhammad Muhaimin/GoSulsel.com)

Perbaiki Kolam MoI, Pemprov Sulsel Siapkan Rp3,9 M

Minggu, 09 April 2017 | 17:39 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada di Kota Makassar adalah Taman Maccini Sombala of Indonesia (MoI). Taman seluas empat hektar ini dikelilingi oleh kanal buatan sepanjang 1,5 Km.

Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang membuat proyek normalisasi kanal atau kolam di MoI. Proyek ini memiliki nila pagu anggaran sebesar Rp3,9 miliar.

Kepala Dinas SDACKTR Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan anggaran ini yang diaispkan ini untuk mencegah terjadinya longsoran di bibir kanal kawasan MoI.

“Kita mau turap bambu di saluran MoI mau diganti dengan pasangan batu. Karena turap bambu sekarang ini sudah banyak yang lapuk dan bisa menyebabkan longsornya pinggir saluran MoI,” kata Andi Darmawan, kemarin.

Sebelumnya di sekitar kawasan MoI bulan Januari lalu sempat dilanda banjir. Hal ini akibat saluran air dari kawasan ini tertutup oleh proyek pembangunan milik PT GMTD. Namun bisa teratasi setelah penggalian saluran air yang tertutup.

Manajemen PT GMTD Tbk pun langsung turun tangan manangani genangan yang terjadi di sekitar 50 rumah. Air yang menggenangi Kelurahan Maccini Sombala dialirkan sementara ke kanal Jongaya dengan membongkar talud.(*)


BACA JUGA