FOTO: Syahrul Yasin Limpo menyerahkan tongkat warisan keluarga ke Ichsan Yasin Limpo saat acara zikir akbar Milad IYL ke-56.

Prestasi IYL Dinilai Mampu Tepis Isu Politik Dinasti

Rabu, 12 April 2017 | 17:35 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Isu politik dinasti bagi Bakal Calon Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (IYL) tak menjadi persoalan. Meski dirinya merupakan adik kandung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), namun prestasinya bisa menjadi jaminan untuk maju di Pilgub 2018.

Pengamat Politik UIN Alauddin, Firdaus Muhammad mengatakan kekuatan Ichsan justru terletak pada prestasinya yang pernah menjabat sebagai bupati Gowa dua periode. Selain itu, saat ini masih menjabat sebagai Ketua PMI Sulsel.

“Kekuatan Ichsan YL justru pada prestasinya pernah bupati 2 periode dan dukungan politik dari SYL. Apalagi pak Syahrul merupakan pemimpin yang dianggap berhasil,” kata Firdaus.

Yang menjadi kendala Ichsan untuk maju saat ini, menurut Firdaus adalah dukungan partai politik. Meski untuk maju melalui jalur independen terbuka lebar, setelah mengumpulkan satu juta lebih fotocopy KTP.

Lebih jauh dirinya menyebutkan isu dinasti politik bisa saja berpengaruh negatif karena terkesan monopoli. “Tetapi persoalan dinasti sementara ini belum mengemuka karena kekuatan SYL dan IYL tanpa Golkar menjadikan pergerakannya makin sulit,” jelasnya.

Sementara itu, pengamat politik Unismuh, Andi Luhur Prianto mengungkapkan sepanjang IYL mengikuti semua aturan main pemilihan, maka isu dinasti politik sangat tidak relevan.

Halaman:

BACA JUGA