Dr Ibrahim,SH.,MH, Hakim Agung RI, bawakan Kuliah Umum di Unibos, Kamis (13/4/2017).

Hakim Agung RI Ulas Integritas Dalam Penegakan Hukum di Unibos

Kamis, 13 April 2017 | 16:03 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, GoSulsel.com – Fakultas Hukum Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Kuliah Umum, menghadirkan Dr Ibrahim, SH.,MH selaku Hakim Agung Republik Indonesia sebagai pemateri di Ruang Senat Lantai 9 Gedung I Unibos, Kamis (13/4/2017).

Kuliah umum yang mengusung tema Pentingnya Profesionalisme dan Integritas Dalam Penegakan Hukum ini diikuti 100 peserta dari dosen dan mahasiswa. Juga dihadiri langsung Rektor dan para Wakil Rektor Unibos.

Dr Ibrahim,SH.,MH dalam kuliah umum ini mendorong mahasiswa untuk memiliki nilai kepribadian yang tinggi. Menurutnya, untuk menegakkan sikap profesionalisme dan integritas dalam diri harus dilandasi dengan beberapa kompetensi termasuk hard kompetensi terkait penguasaan ilmu hukum, skill kompetensi terkait keterampilan dalam dunia hukum dan
yang terpenting adalah soft kompetensi seperti nilai kejujuran dan keadilan.

“Tidak akan pernah seseorang menjadi penegak hukum yang baik jika hanya menggunakan kemampuan penguasaan ilmu hukumnya tanpa mempertimbangkan hal-hal yang bersifat nurani. Sebab dalam hukum, tidak hanya berbicara tentng benar dan salah tetapi juga berbicara
terkait layak atau tidaknya putusan itu”, ungkap Hakim Agung RI ini.

“Seorang professional itu selalu menjunjung tinggi kehormatan profesinya dengan penuh tanggung jawab. Selain professional, secerdas bagaimanapun seseorang jika tidak memiliki integritas maka akan tetap mudah goyah”, tambahnya.

Wakil Rektor I Unibos juga menyampaikan harapannya. “Dengan kuliah umum ini mahasiswa diharapkan terdorong untuk memahami bagaimana pentingnya profesionalisme dan integritas juga termotivasi untuk terus mengembangkan kemampuan diri sehingga dapat menjadi penerus yang bertanggungjawab dimasa yang akan datang”, tutur Prof Dr Ir A Muhibuddin, MS. (*)