Telkomsel sebagai perusahaan digital yang berbasis di telekomunikasi, melihat fenomena perubahan cara menikmati musik dan akhirnya meluncurkan program Musik Vaganza sebagai bentuk dukungan kepada musisi-musisi tanah air dan juga memberikan apresiasi kepada pelanggan setia telkomsel yang sudah menggunakan produk-produk layanan digital Telkomsel/Andi Nita Purnama/Sabtu, 15 April 2017/Gosulsel.com

Dukung Musik Indonesia dengan Aplikasi Telkomsel Musik Vaganza

Sabtu, 15 April 2017 | 22:07 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Teknologi telah berkembang dengan sangat pesat dan hal tersebut telah mengubah gaya hidup kita, misalnya saja kini streaming melalui aplikasi menjadi pilihan yang disenangi masyarakat dibandingkan dengan nonton melalui televisi. Yang paling nyata perubahannya yaitu musik. Kini mendengarkan musik tak perlu dengan menggunakan kaset, CD, atau DVD lagi karena sudah bisa diunduh maupun didengar melalui aplikasi digital berbasis internet.

“Seiring dengan tema telkomsel di 2017 “Building Digital Indonesia”, jadi Telkomsel memang sudah komitmen untuk go digital,” kata GM Digital Product Area Expansion PAMASUKA, Muh Wulunk Putraning Fajar, Sabtu (15/04/27).

Telkomsel sebagai perusahaan digital yang berbasis di telekomunikasi, melihat fenomena perubahan ini dan akhirnya meluncurkan program Musik Vaganza sebagai bentuk dukungan kepada musisi-musisi tanah air dan juga memberikan apresiasi kepada pelanggan setia telkomsel yang sudah menggunakan produk-produk layanan digital Telkomsel.

“Khususnya untuk industri musik. Jadi, kolaborasi Telkomsel dan industri musik itu sudah berlangsung hampir sekitar 12 tahun terutama sejak diluncurkannya NSP tahun 2004. Selama 12 tahun ini, inovasi-inovasi industri terkait dengan musik terus diluncurkan,” sambungnya.

Sebelumnya, dunia musik telah diadaptasi ke dalam bisnis telekomunikasi dengan pemanfaatan lagu sebagai nada tunggu atau biasa disebut Nada Sambung Pribadi (NSP).

“Dengan adanya teknologi yang baru, dimana koneksi internet semakin mudah dan kecepatannyapun semakin tinggi dengan adanya LTE Telkomsel, maka cara menikmati musik pun berubah,” tambahnya.

Sebagai wujud kesiapan Telkomsel dalam menghadapi perubahan jaman ke arah digital khususnya di dunia musik, Telkomsel telah meluncurkan aplikasi digital pemutar musik yang disebut LangitMusik. Aplikasi ini adalah satu bentuk dukungan perusahaan terhadap perkembangan industri musik khususnya di Indonesia dengan menghadirkan lagu-lagu original paling hits tanah air maupun internasional.

“Telkomsel telah meluncurkan LangitMusik 2.0, jadi LangitMusik diupgrade dari sisi penampilannya, kualitas musiknya jadi lebih meningkat (suaranya jadi lebih baik), koleksi lagunya makin lengkap,” jelasnya.

Ditambahkannya bahwa Langit Musik 2.0 lebih “smart dari yang sebelumnya, dimana saat koneksi datanya bagus langsung menyesuaikan kualitas streamingnya ditingkatkan dan ketika ada penurunan kualitas internet disesuaikan otomatis pula. Sehingga disisi pelanggan tidak sampai terjadi buffering.

Melalui aplikasi ini diharapkan mampu memberikan dukungan kepada para musisi antara lain label rekaman, pencipta lagu, dan penyanyi  dalam upaya mengurangi dan melawan pembajakan karya musik.(*)