Pasca Long Weekend, 13 Ribu Orang Tinggalkan Sulsel

Senin, 17 April 2017 | 19:14 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Risal Akbar - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Setelah libur panjang terjadi pada pekan lalu, lalu lintas udara di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar kian padat.

Tercatat, hingga Minggu pukul 23.59, sebanyak 13.172 orang meninggalkan Sulawesi Selatan lewat bandara tersebut.

Humas Operator Bandara Sultan Hasanuddin, Angkasa Pura 1, Turah Ajiari menjelaskan, jumlah penumpang tersebut dibawa oleh 150 penerbangan dalam sehari untuk penerbangan domestik menuju kota-kota lain di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan tanggal yang sama pada tahun yang berbeda, terjadi peningkatan jumlah penumpang hingga 45.1 persen.

“Dari data yang kami dapatkan dari maskapai penerbangan memang ada lonjakan yang signifikan pada hari minggu kemarin,” kata Turah saat dihubungi via telepon selular.

Sementara itu untuk penerbangan internasional terdapat 298 orang yang meninggalkan Sulsel dalam tiga kali penerbangan di hari yang sama.

Nilai tersebut justru menurun hingga -24.9 persen jika dibandingkan pada tanggal yang sama di tahun 2016.

Untuk pintu kedatangan tercatat, 13.945 orang datang ke Sulsel dalam 147 kali jumlah penerbangan di hari yang sama

“Ada kenaikan yang cukup pada pintu kedatangan, untuk jumlah pesawat kenaikannya 9.7 persen sementara untuk penumpangnya sebesar 22.5 persen,” tambah Turah.

Keniakan drastis justru terlihat pada pintu kedatangan internasional. Kenaikan penumpang yang datang ke Sulsel tembus hingga 250 persen.

hal tersebut dapat dilihat dari perbandungan kedatangan internasional pada tahun 2016 sebesar 201 orang penumpang sementara tahun ini mencapai 704 orang.

“mereka datang dengan 3 kali penerbangan, lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 2 kali penerbangan,” tutup Turah. (*)


BACA JUGA