Cover buku Islam Tuhan Islam Manusia penulis Dr Haidar Bagir, Foto Internet

Bedah Buku Islam Tuhan Islam Manusia di UIN Alauddin

Jumat, 21 April 2017 | 20:35 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Makassar, GoSulsel.com – Diskusi buku bertajuk ‘Islam Tuhan Islam Manusia’ dikarang Dr Haidar Bagir, Jum’at (21/4/2017) di aula kampus UIN Alauddin Makassar di sambut meriah oleh mahasiswa,

Selain Dr Haidar Bagir selaku penulis dan pemateri diskusi juga dihadiri oleh Prof Dr H M Qasim Mathar,M.A selaku guru besar UIN Alauddin Makassar.

Dalam diskusi tersebut Haidar Bagi menjelaskan maksud dan makna dari setiap bagian buku tersebut, Dr Haidir menjelaskan mengapa beliau memilih Islam Tuhan Islam manusia selaku judulnya, karena Islam datang dari tuhan, tapi yang selalu sampai kepada kita adalah Islam manusia, yakni Islam yang ditafsir oleh manusia dan tafsir selalu benar, kalaupun salah tergantung dari konteks dan sudut pandang masing-masing pihak.

Tak hanya itu, judul buku tersebut mencerminkan sifat Islam sebagai agama yang diturunkan Tuhan untuk manusia, untuk kebutuhan mereka, bukan Tuhan yang butuh agama.

“Hakikat yang sebenarnya dalam beragama bukan tentang menyenangkan tuhan dengan cara membinasakan orang lain yang tidak sepaham dengan ideologi dan iman yang mereka anut namun melainkan mencintai¬† siapapun mahluk tuhan baik itu baik, buruk, kafir, ataupun Islam itu sendiri,” urai Haidar Baqir.

Salah satu tujuan Haidar Bagi menulis buku tersebut, agar kiranya kita dapat lebih mengetahui Islam yang benar-benar dari Tuhan lalu menjadikan Al Qur’an sebagai rahmat bagi alam semesta.

Sedangkan di sesi terakhir dialog Prof Dr H M Qasim Mathar,M.A sedikit meemaparkan tentang biografi sang penulis, Prof Marthar menyatakan bahwa Dr Haidar Bagi pikiran dan tulisannya Islam yang berbungkus dan berisi cinta layaknya cahaya Tuhan yang menyejukkan dan meneduhkan para muslim yang masih ambigu atas status atas dunia akhirat. (*)

Reporter: Andi Gumuntiri/GoSulsel.com