Buntu Kamanre Obyek Wisata yang Mulai Terlupakan

Jumat, 21 April 2017 | 17:11 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Eky Hendrawan - Go Cakrawala

Luwu, GoSulsel.com – Objek wisata Buntu Kamanre yang terletak di Kelurahan Kamanre, Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu kini hanya menjadi cerita sejarah.

Buntu Kamase yang dulunya menjadi primadona dan menyimpan banyak cerita dan kisah dari kebesaran kerajaan Luwu seakan terbelakang.

“Buntu Kamanre ini merupakan tempat tinggal Datu Kamanre. Ada bukti sejarah Datu Kamanre disana, terdapat kasur dari batu, sumur, dan kursi,” ujar Tokoh Adat Kamanre, Andi Kaso Opu Salle.

Rasanya, belum lengkap jika berwisata ke Kabupaten Luwu, tanpa singgah ke Buntu Kamanre. Namun, beberapa tahun belakangan ini, objek wisata atau situs sejarah Luwu ini mulai terlupakan.

Padahal, kalau ingin dilihat terlebih bagi pencinta sejarah, akan banyak edukasi yang akan di dapat mengenai cerita sejarah terutama sejarah Datu Kamanre dan dapat melihat langsung berbagai bukti sejarah peninggalan Datu Kamanre.

Di bukit yang terletak di Kelurahan Kamanre ini, dahulu dipercaya sebagai tempat tinggal Datu Kamanre, tempat memimpin warga yang ada di sekitarnya pada masa kejayaannya.

Bukit dengan ketinggian kurang lebih 500 meter kaki dari permukaan laut ini, sampai saat ini sebagian warga mempercayai bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang sakral, serta serta tempat pertapaan untuk menenangkan pikiran.

Biasanya, pengunjung yang datang akan melakukan ritual ziarah ke makam karena diatas bukit tersebut terdapat salah satu makam pejuang yakni Andi Baso Luwu atau Opu Sanning.

“Di puncak Buntu Kamanre terdapat makam pejuang Luwu yakni Andi Baso Luwu,” tutur Andi Kaso Opu Salle.

Eksotisme atau panorama alam Buntu Kamanre tidaklah kalah dengan destinasi wisata yang lain. Jikalau menuju ke tempat tersebut ratusan anak tangga telak menanti untuk dipijak. Selain itu juga, ditumbuhi pepohonan yang rindang. Ketika berada diatas puncak bikit tersebut hamparan sawah telah menanti untuk di lihat dan kota Belopa.

Cukup mudah untuk menjangkau wisata Buntu Kamanre hanya butuh waktu 15 menit dari Kota Belopa. Sebab lokasinya berada hampir dekat Kota Belopa. Jarak yang ditempuh untuk ke tempat itu hanya sekitar 2 Km.

Perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua, bisa juga roda empat, menuju Buntu Kamanre. Memasuki kawasan bukit, pengunjung tidak dikenakan biaya apapun atau dengan kata lain gratis.(*)