Pilgub Sulsel Diprediksi Ada Empat Poros Kendaraan Politik

Jumat, 21 April 2017 | 17:07 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Konsultan Politik Jaringan Suara Indonesia (JSI), Arif Saleh menilai koalisi parpol di Pilgub Sulsel masih dinamis. Pasalnya sejauh ini, para elit partai di tingkat provinsi, termasuk pusat masih sangat cair dalam membangun komunikasi dengan kandidat.

“Komunikasi kandidat dengan parpol masih pada proses saling menjajaki. Dan itu masih cair. Meski memang dalam proses yang terbangun, sudah mulai ada yang mengarah berkoalisi,” kata Arif saat dikonfirmasi GoSulsel.com, Jumat (21/4/2017).

Lalu bagaimana prediksi poros koalisi di Pilgub Sulsel ?, Arif menilai sangat memungkinkan muncul tiga hingga empat kekuatan partai dalam mendorong pasangan. Seperti koalisi yang akan dibangun Golkar, PAN, Gerindra, Nasdem dan Demokrat.

“Sebenarnya kekuatan Golkar itu sudah cukup untuk mengusung Nurdin Halid. Tetapi kecenderungannya mereka tetap ingin membangun koalisi dengan partai lain,” terang Arif.

Sementara PAN yang hampir pasti mendorong Ichsan Yasin Limpo berpeluang bisa membangun koalisi dengan partai lain. Seperti Hanura, PDIP, PPP. Bahkan tidak menutup kemungkinan berkoalisi dengan Nasdem.

“Koalisi PAN, Hanura, PDIP dan PPP sejauh ini masih memungkinkan. Begitu juga sebenarnya dengan Nasdem. Sangat tergantung dengan komunikasi elit partai dan kandidat,” urainya.

Sedangkan Gerindra, lanjutnya yang disebut-sebut mengarah ke Agus Arifin Nu’mang, berpeluang berkoalisi dengan PKB. Termasuk jika ada campur tangan DPP, memungkinkan bisa sejalan dengan PKS.

“Poros kekuatan lain, bisa terbangun dari Demokrat. Hanya saja, partai yang dikendalikan Ni’matullah ini harus mencari figur tepat untuk dijadikan kandidat, terutama yang bisa diterima oleh parpol lainnya,” tandasnya.(*)


BACA JUGA