Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Sulsel Masuk Penilaian Adibahasa 2018

Jumat, 21 April 2017 | 13:37 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Sulawesi Selatan masuk provinsi yang dinilai untuk penghargaan Adibahasa 2018. Untuk itu, pihak panitia dari Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melakukan kunjungan untuk memulai proses penilaian.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu’mang, yang menerima tim dari pusat ini berharap agar penggunaan bahasa dalam berbagai atribut, baik pada lembaga pemerintahan maupun swasta,  mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia dengan tetap melestarikan bahasa daerah.

pt-vale-indonesia

Ia mencontohkan, penulisan nama jalan di Kota Makassar dimana pada bagian atas tertulis jelas nama jalan dengan menggunakan bahasa Indonesia, sementara dibagian bawah menggunakan bahasa daerah dengan tulisan Lontara.

“Penggunaan bahasa tertentu itu juga bertujuan untuk pembauran dalam masyarakat yang mayoritas menggunakan bahasa tertentu,” kata Agus, ketika menerima Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan, Gufran Ali Ibrahim bersama rombongan, di ruang kerja Wakil Gubernur, Jumat 21 April.

Dia berharap agar instansi terkait untuk segera memproses usulan agar ada regulasi yang mengharuskan pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai tempat di Sulsel.

Kedatangan Gufran menemui Wagub, bertujuan untuk mensosialisasikan dalam rangka penghargaan Adibahasa 2018 yang penilaiannya sekali dalam empat tahun. Gufran menjelaskan, ada empat variabel penilaian penghargaan Adibahasa. Yaitu penggunaan bahasa di media luar ruang, penggunaan bahasa Indonesia dalam dokumen resmi pemerintah, kebijakan kebahasaan dan kesastraan.

“Keempat variabel itu akan dinilai lebih rinci ke objek penilaian seperti penggunaan bahasa pada papan nama lembaga pemerintah, swasta, naskah dinas, peraturan perundangan undangan daerah, kegiatan swadaya pemerintah, dan lainnya,” jelas Gufran.(*)


BACA JUGA