BPBD Wajo Lakukan Latihan Bersama

BPBD Wajo Lakukan Latihan Bersama

Rabu, 26 April 2017 | 17:20 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Wajo, GoSulsel.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD)  Kabupaten Wajo melakukan pelatihan penanggulangan bencana di sungai Walanna, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo.

Kepala BPBD Kabupaten Wajo, Drs H Alamsyah H M, M. Si mengatakan, kegiatan yang terdiri dari beberapa kelompok seperti dari kepolisian, TNI,  Anggota Pramuka, PBNU dan PMI ikut serta dalam simulasi ini,” ujar Alamsyah di Balai Pelatihan TPI 5 pada Rabu, (26/4/2017).

“Simulasi ini sengaja dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun Kesiapsiagaan Bencana Nasional, dimana pada tahun 2016, ada empat orang korban bencana banjir, itu salah satu penyebab kurangnya skiil-skill yang berpotensi dalam hal penanganan bencana tersebut,” tambahnya.

BPBD sengaja mendatangkan salah satu perwakilan Tim Badan SAR Nasional untuk memberi bimbingan teknis dalam hal penanggulangan bencana, khusnya dalam penggunaan perahu karet dan cara menanggulangi korban.

Tim Badan SAR Nasional, Nurfajrin Yusuf mengatakan, bahwa pada hakekatnya penanggung jawab dari peralatan yang dipergunakan oleh BPBD seperti perahu karet, wajib diketahui cara perawatannya dan juga mempergunakannya, karena hal itu sangat penting untuk melaksanakan tugas.

Dia juga berharap kepada kelompok penyelamat supaya siapsiaga dalam hal peralatan, karena itu peralatan harus di rawat baik-baik, penyimpanannya juga ditempat yang aman untuk peralatan tersebut,” lanjunya.

Apalgi perahu karet yang ada di BPBD Kabupaten Wajo adalah perahu yang sangat bagus dan hampir setara dengan yang dimiliki oleh anggota TNI.

“Perahu seperti ini adalah perahu yang bagus kelasnya kuat dan tahan,” katanya. (*)

Reporter: Abd Muin/GoCakrawala

Tags: