#

10 Fakta Menarik PSM Kontra Persija

Sabtu, 29 April 2017 | 12:31 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Fajrin Amnur - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – PSM Makassar akan menjamu tim ibukota, Persija Jakarta pada pekan III Liga 1 Indonesia di Stadion Andi Mattalatta, 30 April, besok. Jelang laga ini, kedua tim berada dalam performa terbaik di dua laga terakhir.

Baik PSM maupun Persija telah mengoleksi empat poin, hasil dari satu kemenangan dan sekali seri. Hasil pertemuan ini menentukan posisi mereka diklasemen sementara Liga 1 Indonesia.

Kondisi ini tentu membuat laga diprediksi bakal berlangsung seru dan sengit. Namun, sebelum menyaksikan pertandingan, ada baiknya mengetahui 10 fakta menarik PSM kontra Persija:

1. PSM dan Persija bisa dibilang dua tim penguasa sepakbola Indonesia diera perserikatan. PSM berhasil mengoleksi lima gelar juara perserikatan yakni pada tahun 1957, 1959, 1965, 1966, dan 1992. Sementara, Persija tercatat sembilan kali juara yakni pada tahun 1931 (VIJ Jakarta), 1933 (VIJ Jakarta), 1934 (VIJ Jakarta), 1938 (VIJ Jakarta), 1954, 1964, 1973, 1975 dan 1979.

2. PSM dan Persija sama-sama haus akan gelar juara. PSM terakhir raih juara Liga Indonesia tahun 2000, sedangkan Persija tahun 2001.

3.  Kedua tim ditangani pelatih bertangan dingin yang memiliki gaya permainan berbeda. PSM punya Robert Rene Alberts pelatih berkebangsaan Belanda, sedangkan Persija miliki Stefano Cugurra pelatih asal Brasil.

4. PSM tangguh jika bermain dikandang sendiri. Terakhir, mereka menekuk Persela dirumah sendiri dengan skor 3-1. Sedangkan, Persija cukup kuat bermain tandang. Macan Kemayoran berhasil menekuk Persiba skor 2-0.

5. Laga terakhir kedua tim bermain imbang. PSM seri hadapi Mitra Kukar 1-1, sedangkan Persija bermain imbang kontra Barito Putera 1-1.

6. Striker PSM, Reinaldo da Costa telah mencetak satu gol, sedangkan ujung tombak Persija Luis Carlos Junior sudah membukukan dua gol.

7. Gelandang PSM memiliki insting kuat dalam membobol gawang lawan. Dari empat yang telah dilesakkan di Liga 1 Indonesia, tiga diantaranya lahir dari kaki para gelandang yakni Wiljan Pluim, M Rahmat dan Ridwan Tawainella.

8. PSM diperkuat empat pemain asing, dimana dua diantaranya berkebangsaan Belanda yakni Wiljan Pluim dan Marc Klok. Sementara, Persija tiga dari empat pemain asingnya berasal dari Brasil yakni Luis Carlos Junir, Willian Pacheco dan Bruno Lopes.

9. Kedua tim didua laga terakhir sama-sama kebobolan dua gol.

10. Baik PSM dan Persija saling mengalahkan. Dua pertemuan terakhir keduanya masing-masing meraih satu kemenangan dan satu kali kalah.