Pagelaran F8 2017 Lebih Spektakuler

Jumat, 25 Agustus 2017 | 20:58 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com – Sisa menghitung hari, event tahunan termegah di Kota Makassar akan dimulai. Fashion, food, film, fine arts, flora, fussion music, folks, fiction writers (F8) akan dihelat pada 6-10 September 2017.

Event ini akan tetap dilaksanakan di Anjungan Pantai Losari Makassar. Lokasi tersebut memang telah menjadi lokasi tetap pelaksanaan event ini setiap tahunnya.

Penyelenggaraannya kali ini sedikit berbeda. Tahun ini, F8 akan diselenggarakan selama lima hari. Dengan kurun waktu demikian, jumlah pengunjung yang datang ditargetkan jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Khusus untuk F8 sendiri ada yang berbeda dari tahun lalu. Terutama mengenai jumlah hari. Tahun lalu hanya tiga hari, tahun ini akan diadakan selama lima hari,” imbuh Muh Roem selaku Kabid Promosi Dispar Makassar yang juga sebagai panitia di F8.

Total transaksi F8 tahun lalu hanya untuk di dalam area mencapai Rp5 miliar dengan jumlah pengunjung sebanyak 300 ribu orang. Tahun ini jumlah pengunjung ditargetkan sebanyak 1 juta orang.

Meskipun secara keseluruhan konsepnya masih sama seperti tahun lalu, tapi beberapa konten ada yang mengalami penambahan. Misalngnya saja untuk “food” yang dahulunya sendiri, kini ditambah menjadi “food and fruit”, “flora” ditambah menjadi “flora and fauna”, “fussion jazz” kini menjadi “fussion music” yang genrenya lebih diperluas lagi.

“Fastival ini masih tetap sama, konsepnya tidak boleh berubah secara utuh namun penambahan konten makna dan sebagainya ada,” jelas Roem.

Dilanjutkannya bahwa konten lainnya yang akan ditambah yaitu “fiction writers” yang akan menjadi “fiction writers and font”. Penambahan “font” ini karena pemerintah kota Makassar sedang konsen pada eksplorasi aksara lontara.

“Dulu fiction writers berdiri sendiri juga, tapi sekarang fiction writers and font. Maksudnya supaya ada diskusi-diskusi mengenai font-font, terutama pemerintah kota Makassar sekarang lagi konsen bagaimana mengeksplor aksara lontara,” tambahnya.

Tak hanya itu, tahun ini juga akan dimeriahkan dengan sportainment yang diisi oleh kejuaraan jet sky internasional, flying board, dan Muathai. Sportainment ini akan berlangsung di area laut.

“Jadi arena event sportainment ini ada di area laut. Siangnya orang menonton sportainment, pagi sampai sore konferensi kota kreatif. Sore sampe malam F8 nya,” imbuh Roem.

Hingga kini diketahui, sekitar 44 negara dan juga 40 kabupaten/ kota akan hadir sebagai tamu. Dari jumlah tersebut, 19 kabupaten/ kota dan provinsi sudah mengkonfirmasi kepada pihak panitia kesiapannya hadir sebagai partisipan dalam acara tersebut.

Jadi ada beberapa baru seperti tadi. Dan ini yg membedakan F8 tahun ini dan tahun kemarin (2016).

“Negara-negara yang sudah konfirmasi dan bersedia berpartisipasi dan ikut sebagai tamu ada sekitar 44 begara. Kabupaten/ kota kurang kebih 40. Tapi 19 kabupaten/ kota dan provinsi hari ini yang konfirmasi untuk ikut di dalam masing-masing event,” tukas Roem. (*)


BACA JUGA