#

Peduli lingkungan & Komunitas Bank Sampah Beraksi di Makassar F8 2017

Minggu, 10 September 2017 | 07:21 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Sejumlah komunitas peduli lingkungan terlibat mensukseskan Makassar F8 2017 di Anjungan Losari. Tercatat ada 6 lembaga dan satu kecamatan terlibat aksi peduli sampa tergabung dalam LiSa (lihat sampah ambil) di event F8. 

Lembaga terlibat dalam LiSa di Anjungan Losari yakni, Tim Pro percepatan MTR kota Makassar, Yayasan Peduli Negeri, Bank sampah Kota Makassar, UPTD Bank sampah Pusat Kota Makassar, Laskar Peduli Sampah, Forum Peduli Sosial, serta Kecamatan Ujung pandang.

Makassar F8 ini dihadiri tamu perwakilan dan atlet dari 35 negara. Melihat kegiatan F8 ini begitu besar, tentunya sampah yang dihasilkan juga begitu banyak, kesempatan ini dimanfaatkan oleh pemerhati lingkungan menggelar kegiatan LiSa (F8. 

Secara tidak langsung bermaksud mengajak dan mengedukasi  para pengunjung di acara tersebut untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan (tidak membuang sampah sembarangan).

Pihak terkait menyiapkan papan bicara serta mengajak langsung pengunjung, jadi pemilahan sampah yang dilakukan yakni ada dua jenis yaitu sampah basah dan kering tidak hanya itu dari pihak Bank Sampah Pusat juga menyiapkan armada Tangkasarong yang siap menampung sampah kering  yang dikumpulkan nantinya. 

Kepedulian akan kebersihan lingkungan setidaknya tidak hanya pada kegiatan F8 ini tapi terus di tingkatkan mulai dari diri sendiri dan mampu menularkannya kepada orang lain. 

“Setidaknya slogan kalau tidak bisaki membersihkan janganki mengotori tetap melekat di hati kita semua,” tutup Direktur Yayasan Peduli Negeri, Saharudin Ridwan.(*)