Peserta DJMTD 2017 LPM Profesi akan Kunjungan ke Media Broadcasting

Selasa, 12 September 2017 | 11:11 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, GoSulsel.com – Peserta Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) akan melakukan kunjungan ke beberapa media broadcasting di Makassar.

Media yang akan dikunjunngi yaitu Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar, Bharata, Iradio dan Prambos. Kunjungan ini rencananya akan dilaksanakan pada saat materi broadcasting, 13 Oktober mendatang.

Koordinator acara, Nurul Atika mengatakan, kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian acara DJMTD 2017 yang mana bertujuan untuk memperlihatkan secara langsung proses kerja dalam bidang jurnalistik khususnya broadcasting kepada peserta DJMTD 2017. Sehingga materi bisa lebih mudah dipahami dengan melihat langsung bagaimana sistemnya di lapangan.

ā€œPeserta tidak hanya diberikan materi dan simulasi, tetapi mereka secara langsung diperlihatkan kepada alat yang sesungguhnya. Sehingga saat bergabung di LPM Profesi nantinya, mereka sudah meiliki banyak bekal dasar jurnalis karena mereka telah diperlihatkan langsung alat yang digunakan penyiar di media umum saat DJMTD nanti,ā€ katanya.

Lanjut, mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini menambahkan, selain berkunjung ke media broadcasting, peserta DJMTD juga akan dibawa ke Benteng Rotterdam untuk belajar teknik fotografi. Pemateri dalam fotografi ini yaitu Fotografer Reuters, Yusuf Ahmad.

“Pada DJMTD ini, ada beberapa materi yang akan didapatkan yaitu, Pers Mahasiswa, Videografi, Foto Jurnalistik, Layout dan Desain Grafis, Teknik Menulis Berita, Perencanaan Peliputan dan Teknik Wawancara, Mengenal Dunia Jurnalistik (Media Cetak dan Online) dan Mengenal Dunia Broadcasting,” tambahnya.

Ia pun berharap, peserta DJMTD memahami setiap materi. Karena semua materi ini merupakan materi dasar yang harus di ketahui oleh seorang jurnalis.

“Semoga kegiatan nantinya berjalan dengan baik dari awal hingga akhir. Tentunya, setiap materi yang didapatkan dikuasai dan dapat di implementasikan ketika bergabung di LPM Profesi nantinya,” harapnya.

Pendaftaran DJMTD LPM Profesi UNM telah dibuka sejak 8 Agustus lalu, dan akan ditutup 24 September mendatang. Formulir bisa diambil di Redaksi LPM Profesi di Jalan Mallengkeri Luar No. 25 atau dapat juga mengisi secara online di www.profesi-unm.com ataupun mengunduh melalui link ini http://bit.ly/2wHHj9h. Untuk info lebih lanjut, dapat menghubungi pengelola profesi, Dasrin: 082395218635 atau Eka: 085391182488.