Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Makassar, Abd Rahman Bando

Dinas Perikanan Makassar Perjuangkan Nelayan Dapat Konkit

Jumat, 29 September 2017 | 18:42 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DP2) Kota Makassar menargetkan semua nelayan di pesisir dan pulau Kota Makassar mendapatkan bantuan paket konverter kit (Konkit).

“Saya target semua nelayan bisa dapat, masih ada 10 ribu nelayan lagi yang masih harus diperjuangkan,” ujar Kepala DP2 Kota Makassar, Abd Rahman Bando, Jumat (29/9/2017).

Abd Rahman menambahkan, saat ini DP2 masih terus berjuang untuk bisa memberikan bantuan Konkit ke semua nelayan, karena dia beranggapan kalau nelayan sendiri yang membeli agak berat, makanya pemerintah harus turun tangan.

“Kita ada dua cara, satu kita ajukan ke kementerian yang punya program, kedua ke DPRD Kota Makassar untuk menggunakan APBD kota separuh,” jelasnya.



Pemberian Konkit ke 1375 nelayan dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG-LPG) merupakan salah satu program diversifikasi energi yakni menyediakan alternatif energi yang dapat digunakan. Pemilihan LPG sebagai energi alternatif yang dapat digunakan oleh nelayan karena telah dikenal oleh masyarakat, kinerja mesin penggerak perahu yang menggunakan LPG relatif sama dengan motor berdaya rendah. (*)