KSDA Mapala Veteran UPRI Bina Sispala SMKN 1 Lutim

Selasa, 24 Oktober 2017 | 18:33 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Koordinator bidang KSDA (Konservasi Sumber Daya Alam) Mapala Veteran Universitas Pejuang RI Makassar telah melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan untuk membentuk karakter dan mentalitas berbasis pemimpin pejuang lingkungan ke generasi muda Luwu Timur (sispala SMKN 1 Luwu Timur).

Jumasriadi selaku koordinator KSDA Mapala Veteran Universitas Pejuang RI Makassar yang juga merupakan Alumni Sispala SMKN 1 Luwu Timur mengaku senang bisa mengajar dan melatih teman-teman di sekolah.

Jumasriadi mennyatakan “kegiatan yang dimulai dari pendidikan dasar selama 2 hari di sekitar Gunung Bonsora sebagai pengenalan langsung daerah hutan dan goa yang ada di sekitar gunung serta pengenalan penerapan ilmu konservasi goa untuk menjaga ekosistem mahluk hidup sekitar goa daerah karst” Ungkapnya

Lanjut Jumasriadi menerangkan “kegiatan ini diilanjutkan dengan kegiatan pendidikan dan latihan kepetualangan selama 2 (dua) hari di sungai sekitaran punggungan Bulu Tambuna dengan punggungan Bulu Tandole dimana kegiatan tersebut diperkenalkan untuk konservasi sekitar sungai yang merupakan suplai air ke malili ibu kota dari Luwu Timur, tidak sampai disitu kegiatan berlanjut pengenalan dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Sekolah SMK N 1 Luwu Timur yang diagendakan bersamaan dengan musyawarah besar Sispala SMK N 1 Luwu Timur”. Ungkap Dewan Senior DPC Dua Boccoe KEPMI Bone ini.

“Di Akhiri dengan penghijauan atau penanaman 120 pohon bekas longsor Batu Menggoro Desa Harapan Kec. Malili Kab Luwu Timur”. Tegas Jumasriadi Yang juga merupakan ketua Bidan pengembangan Aanggota Kader DPP KEPMI-Bone Periode 2016-2018.

Disisi lain Pak Adymanan S .Pd selaku guru dan pembina Sispala SMK N 1 Luwu Timyr menyatakan “Sebanyak 27 peserta yang antusias mengikuti kegiatan tersebut dan bangga dengan apa yang diajarkan kepada anak muda LUTIM pada umumnya dan terkhusus pada siswa binaanya serta kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pihak sekolah”. Ucapnya

Tidak banyak tujuan yang ingin dicapai dari koordinator bidang KSDA itu, iya hanya berharap bahwa generasi Indonesia sadar akan tanggung jawabnya untuk menjaga dan memelihara alam beserta isinya demi memberikan hak untuk anak cucu kita bermain dan melihat keindahan Anugrah Tuhan yang Maha Esa.

Kegiatan ini juga merupakan realisasi kerja nyata dari program kerja Bidang KSDA Mapala Veteran Universitas Pejuang RI Makassar. tidak banyak ilmu yang bisa di berikan dalam kegiatan tersebut namun harapan itu menjadi nyata jika langka itu dimulai walau sekecil apapun, kata summit dengan nama sapaan koord KSDA Itu. (*)