Personil Polres Maros Jalani Ujian Psikologi Pemegang Senpi

Kamis, 02 November 2017 | 13:06 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros, GoSulsel.com – Jajaran personil Polres Maros ikut tes psikologi pemegang senjata api (Senpi) organik Polri yang diselenggarakan oleh Bagpsi Biro SDM Polda Sulsel, di Baruga A, kantor Bupati Maros.

Kepala Bagian Psikologi SDM Polda Sulsel, AKBP Said Rifai. Kamis (2/11/2017) mengatakan, tes ini merupakan prosedur utama bagi setiap personil yang memegang senjata organik jenis Revolver secara berkala.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata bagi anggota kepolisian.

“Setiap enam bulan sekali kita lakukan tes ini. Bagi pemegang Senpi yang tidak lulus, secara otomatis akan kita tarik senjatanya. Semua ini kita lakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaannya. Karena tidak mudah bagi anggota Polri untuk memegang senjata,” katanya.

Sementara itu, Kabagsumda Polres Maros Kompol Abdul Halid menerangkan bahwa dalam ujian ini ada empat macam item yang diujikan diantaranya kecerdasan, kejiwaan, kecermatan dan kepribadian. 

“Ini merupakan salah satu cara dalam melakukan pengawasan dan control terhadap pemegang Senpi dan ujian ini wajib diikuti seluruh personil pemegang senpi,” katanya. 

Meski demikian, masih ada sejumlah personil Polres Maros yang pada hari ini tidak sempat mengikuti ujian psikologi dikarenakan dalam pelaksanaan tugas dan lepas piket. 

“Mereka Yang tidak berkesempatan hari ini nanti harus naik me Mabes Polda Sulsel untuk mengikuti ujian psikologi,” katanya. (*)


BACA JUGA