116 Komunitas se-Makassar Ramaikan “Camping Ceria”

Senin, 06 November 2017 | 01:42 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Citizen Reporter

MAROS, Gosulsel.com – Selama 3 hari berturut-turut, sejak Jumat pagi hingga Minggu sore, (3-5/11/2017), Bumi Perkemahan Surandar, Kecamatan Semangki, Kabupaten Maros dipadati 116 Komunitas se-Makassar yang berasal dari berbagai latar belakang minat dan hobi.

Komunitas-komunitas ini bertemu dalam rangka mengikuti kegiatan ‘Camping Ceria #2’. Camping Ceria merupakan kegiatan kolaborasi yang diinisasi oleh komunitas-komunitas se-Makassar, dimana kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar mereka.

pt-vale-indonesia

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama kegiatan ini berlangsung diantaranya, tudang sipulung, pertunjukan seni dan musik, tantangan outbond seperti panjat tebing dan susur goa, dan juga permainan tradisional.

Dari pantauan di lokasi dan informasi dari panitia pelaksana, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini hingga hari terakhir, berjumlah 1.400 orang dari perwakilan komunitas-komunitas yang ikut berpartisipasi.

Ketua Panitia Pelaksana, Assad menuturkan, pelaksanaan kegiatan ini sudah dipersiapkan sejak tahun lalu, dan baru terealisasi di tahun ini. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan setelah sebelumnya ditahun 2016 pernah dilaksanakan di desa Ta’deang, Kabupaten Maros.

“Camping Ceria ini dilaksanakan sebagai ajang kolaborasi antar komunitas Makassar, agar bisa saling bekerjasama untuk melaksanakan sebuah kegiatan positif,” tutur Assad.

Ia pun berharap semoga kegiatan kolaborasi seperti ini dapat terus berlanjut kedepannya dan tidak hanya melibatkan komunitas se-Makassar saja melainkan bisa melibatkan komunitas se-Sulawesi Selatan, bahkan jika bisa melibatkan komunitas se-Indonesia.

Total panitia dan relawan yang dilibatkan untuk mempersiapkan kegiatan ini berjumlah 175 orang yang merupakan perwakilan dari komunitas-komunitas yang terlibat, seperti komunitas budaya, sosial, pendaki, traveling, edukasi, maupun komunitas literasi. Tapi kebanyakan yang terlibat adalah komunitas traveling,” lanjutnya.

Salah satu peserta kegiatan, Muh Takdir mengungkapkan apresiasinya dengan diadakannya kegiatan seperti ini. Menurutnya kegiatan seperti ini harus terus berlanjut guna menjalin keakraban antar sesama pegiat komunitas.

“Jika bisa kegiatan Camping Ceria dilaksanakan setiap tahunnya, tidak hanya dilaksanakan tahun ini saja, sebab kegiatan seperti ini sangat positif dan menyenangkan.” harap Takdir, Pendiri Komunitas Sikola Cendekia Pesisir (SCP).

Harapan senada juga diungkapkan Deyha, anggota komunitas Pecandu Aksara. Ia berharap semoga kedepannya kegiatan ini dapat terus berlanjut, dan jumlah komunitas yang terlibat di tahun-tahun mendatang dapat terus bertambah.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, komunitas kami dapat bersilaturahim dengan berbagi komunitas di Makassar, dan juga sebagai ajang refreshing bagi kami,” ungkap Deyha. 

Kegiatan ini terlaksana dengan dukungan dari beberapa pihak sponsor di antaranya, Puncak Jaya, Vertical Mountrack, Sesean Outdor, Pelangi RR, ANU, Edelweis, PT Megah Multi Sejahtera, Hammock 1933, Gudang Garam, Green Cafe, dan PT. Indofood. (*)