Sekda Gowa Kunjungi Program ‘Kotaku’ di Kelurahan Pandang-pandang

Kamis, 09 November 2017 | 16:22 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com — Sekretaris Daerah, H Muchlis beserta staf berkunjung ke Kelurahan Pandang-pandang guna mengecek perkembangan dari Program ‘Kotaku’. Program tersebut merupakan Program dari Pusat yang telah dijalankan Pemkab Gowa sejak dua tahun lalu. Kamis (9/11/2017).

H Muchlis menambahkan, dibeberapa titik dikelurahan yang warganya sudah memiliki inisiatif sendiri untuk menata pemukimannya.

“Ini sangat bersinergi dengan programnya pemerintah pusat, untuk menuntaskan yang namanya kota tanpa kumuh, dengan target 100 0 100. 100 persen harus akses air bersih, 0 persen kekumuhan, 100 persen sanitasi lingkungannya lebih memadai,” jelasnya kepada Media.

Lebih lanjut, Muchlis mengatakan, Jika ini bisa dimassifkan disetiap lingkungan pemukiman, saya kira target 100 0 100 itu bisa dimajukan di Kabupaten Gowa, dan pencapaiannya bisa lebih awal dari target nasional.

“Target Nasional itu di tahun 2019, jika terus seperti ini secara massif, saya kira tidak perlu menunggu 2019, di pertengahan 2018 pun sudah bisa tercapai,” tambahnya.

Dikelurahan ini menurut H Muchlis, merupakan kelurahan yang lompatan atau trend nya sangat tinggi, ketimbang kelurahan lain. Namun, Program ‘Kotaku’ sudah secara umum dilakukan di 14 kelurahan yang ada di kecamatan Somba Opu.

Ini juga menjadi komitmen Bupati dan Wakil Bupati Gowa yang sudah disampaikannya pada visi dan misinya beberapa waktu lalu, bahwa beliau akan melakukan replikasi terhadap Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Perkotaan.

Jadi pola pemberdayaan komunitas yang diterapkan PNPM itu dijadikan prototipe untuk ditindaklanjuti dan dikembangkan lebih baik lagi.

“Alhamdulillah dengan dukungan pendanaan dari APBD yang tidak seberapa besar, ternyata mampu menghasilkan yang seperti ini,” ujarnya.

Kelurahan tersebut pernah dikunjungi oleh tim dari Kementerian PUPR pada dua minggu lalu. Dan pihak PUPR mengapresiasi positif salah satu kelurahan dengan Program ‘Kotaku’ yang paling baik. (*)


BACA JUGA