Peringati Hari Pahlawan, Civitas Akademika UIN Alauddin Gelar Teatrikal

Jumat, 10 November 2017 | 16:02 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa,Gosulsel.com – Peringati Hari Pahlawan, Civitas Akademika UIN Alauddin Makassar menggelar Upacara Hari Pahlawan Nasional dengan menampilkan Teatrikal di Lapangan Utama Kampus II Samata. Jumat (10/11/2017). Teatrikal yang di perankan oleh Mahasiswa dan sebagian dosen ini mengusung tema “Hari Kemerdekaan”. dengan tema tersebut tentunya menarik perhatian masyarakat UIN.

Salah satu Dosen yakni Dekan Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik (FUFP) Prof Natsir Siola yang berperan sebagai Panglima perang pada teatrikal tersebut sangat mendalami perannya.

Menurut Prof Natsir Siola makna Hari Pahlawan bagi dirinya adalah dengan tidak sekadar mengenang, mengingat, dan mengayati perjuangan yang telah pahlawan ditorehkan dalam sejarah perjuangan yang cukup panjang ini.

“Untuk menjadi Pahlawan dimasa sekarang, generasinya harus mampu berkarya dibidang masing-masing, seorang mahasiswa tentunya harus berjuang agar dirinya mampu menjadi tokoh ilmuan cendekiawan,” Jelasnya.

Makna teatrikal yang dilakukan civitas Akademika yang tergabung dalam kelompok Seni UIN Alauddin Makassar tersebut kemudian diungkapkan Prof Natsir.

“Makna dari teatrikal ini yaitu menginstruksikan militer, serdadu, dan seluruh pejuang, agar selalu berjuang meraih kemenangan serta memperjuangkan hak-hak kemerdekaan sebagai warga negara,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Humas UIN Alauddin Makassar, Ismi Sabaria mengatakan, Teatrikal ini mengangkat tema “Hari Kemerdekaan”. Peringatan Hari Pahlawan tak sampai disitu, Kepala Humas UIN Alauddin Makassar, Ismi Sabaria mengatakan, civitas akademika juga akan berkunjung ke makam pahlawan yang selama ini menjadi nama kampus naungannya.

“Setelah upacara akan berkunjung ke makam Sultan Alauddin di Syech Yusuf bersama civitas akademika UIN Alauddin Makassar,”pungkasnya.(*)