#

Desa Biringala: Genjot Jalan Tani & Irigasi

Senin, 13 November 2017 | 12:41 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Gowa,GoSulsel.com – Sektor pertanian di Desa Biringala, kecamatan Barombong terus digenjot. Sarana pendukung seperti jalan tani semakin dibenahi. Dibeberapa titik dibangun jalan tani. Salah satunya di Dusun Bontobila.

Kepala Desa (Kades) Biringala, Firman Mannyaurang mengatakan, pembangunan jalan tani ini untuk mempercepat akses pertanian. Para petani, kata dia, akan lebih mudah menjalankan aktivitasnya. “Dominan mata pencaharian warga desa Biringala adalah petani. Makanya, keberadaan jalan tani sangat vital,” ujar Firman kepada GO Cakrawala, Minggu, 12 Nopember.

Jalan tani itu, kata dia, disertai dengan pembangunan irigasi di Dusun Biringkanaya. Kehadiran irigasi guna menambah optimal produksi pertanian. Selama ini, petani di Desa Biringala masih mengeluhkan suplai air yang kurang memadai. Karena itu, dengan keberadaan irigasi diharapkan kebutuhan air untuk perasawahan semakin baik.

“Para petani tidak akan lagi mengkhawatirkan suplai air, karena sudah ada irigasi permanen di Dusun Biringkanya,” terangnya.

Disamping menggenjot jalan tani dan irigasi, melalui Anggaran Dana Desa (ADD) 2017, Pemerintah Desa Biringala, lanjut Firman juga membangun pelbagai sarana infrastruktur fisik lainnya. Itu antara lain, pembangunan paving blok di dua titik. Satu di Dusun Balla parang, satu lagi di Dusun Bontobila.

“Kita juga bangun talud jalan di Dusung Bonto bila , sepanjang 225 meter untuk mengantisipasi pengikisan jalan saat musim hujan,” pungkasnya.