Musim Penghujan, PLN Sungguminasa Imbau Tebang Pohon Berpotensi Bahaya

Kamis, 23 November 2017 | 11:08 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com — Tak hanya imbauan waspada oleh BPBD Gowa di musim penghujan ini, PLN Rayon Sungguminasa juga mengimbau agar waspada terhadap pohon atau tanaman rumahan.

Ini diutamakan bagi pohon yang sudah menyentuh jaringan tegangan menengah 20.000 volt agar segera dilaporkan ke pihak PLN.

Manajer PLN Rayon Sungguminasa, Muhammad Asmad Ranreng, mengatakan jika ada pohon atau tanaman warga yang sudah berjarak 2.5 meter dari jaringan listrik agar segera dipangkas.

“Karena ini merupakan salah satu penyebab gangguan padam listrik jika menyentuh jaringan,” katanya Rabu (22/11/2017).

Selain itu dimusim hujan seperti sekarang, kata Asmad, pohon-pohon itu dapat menghantarkan listrik, dan sangat mengancam keselamatan jiwa.

Dirinya menjelaskan, jika pertumbuhan pohon semakin cepat dimusim penghujan, maka akan memungkinkan menyentuh kabel listrik, terutama jika hujan disertai angin kencang, ujung-ujungnya akan menyebabkan terputusnya pasokan listrik ke pelanggan atau PDAM.

Bahaya yang bisa timbul dari instalasi listrik yang basah juga harus diwaspadai.

“Apalagi masih banyak pemasangan lampu jalan yang tidak resmi yang langsung dicantol dari jaringan PLN dan saklar dipasang secara terbuka di tiang- tiang listrik yang terkena langsung air hujan, ini sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa,” ujarnya.

Dia pun mengimbau agar masyarakat tidak memasang lampu PJU secara tidak resmi karena tindakan tersebut juga sangat merugikan PLN karena tidak melalui kwh meter.

Untuk warga yang sedang memperbaiki atap rumahnya, kiranya berhati-hati saat berdekatan dengan kabel listrik atau jaringan listrik.

Asmad meminta agar jika menemukan kabel jaringan listrik PLN putus karena kemungkinan banyaknya pohon-pohon tumbang atau dahan yang patah dan mengenai jaringan, bisa segera melaporkan contact centre 0411 123 sehingga dapat segera diatasi. (*)