Karts Maros-Pangkep Jadi Taman Nasional Geopark

Senin, 27 November 2017 | 16:56 Wita - Editor: Baharuddin -

Maros,GoSulsel.com – Kawasan karts Maros-Pangkep kini resmi menyandang status sebagai Taman Nasional Geopark di Indonesia. Status dalam bentuk sertifikat itu dikeluarkan oleh Komite Nasional Geopark Indonesia dalam Seminar Nasional Geopark Belitung di Belitung pada 24 November lalu. 

Sertifikat itu menjadi dasar untuk mendaftarkan Taman Nasional Geopark ini ke Badan Kebudayaan Dunia PBB UNESCO sebagai warisan budaya dan tempat bersejarah di dunia. 

Status Taman Nasional Geopark tersebut telah melalui serangkaian penilaian dari Kementerian ESDM. Kawasan tersebut lolos sertifikasi dari 12 juri penilai yang berasal dari unsur Kementerian, Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah dan juga beberapa perwakilan dari akademisi Geopark.

Taman Nasional Geopark ini telah memenuhi persyaratan ketat antara lain adalah memiliki keragaman fenomena geologi, memiliki keragaman biologi, dan budaya. 

Anggota DPRD Sulsel Andi Muh Irfan AB mengaku bersyukur dengan perolehan sertifikat tersebut, hal itu membuat langkah menuju pengakuan geopark dunia tidak lama lagi. 

“Semoga dengan sertifikat ini UNESCO kawasan karts Maros-Pangkep mempertimbangkan pengakuan sebagai geopark dunia,” ungkapnya, Senin (27/11/2017).

Ditambahkannya, banyak keuntungan yang diperoleh dengan status Geopark ini, antara lain Maros dan Pangkep akan menjadi tujuan wisata internasional. Di samping itu, karts Maros-Pangkep terjaga. 

“Kami juga DPRD Propinsi sedang membahas Naskah Akademik Ranperda Pengelolaaan Kawasan Esensial Karts Maros-Pangkep, semoga dalam waktu dekat akan ditetapkan sebagai Perda Propinsi Sulsel,” tambahnya.

Terpisah, Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam juga menyampaikan rasa syukur atas diperolehnya sertifikat pengakuan itu. Apalagi kawasan karts Maros-Pangkep di dalamnya terdapat gugusan karts alam Rammang Rammang mendapat perhatian secara nasional.

“Dengan diperolehnya setifikat tersebut, maka kita berharap agar semua stakeholders termasuk masyarakat harus melestarikan, menjaga dan melindungi kawasan ini, termasuk pesona alami Rammang Rammang sebagai salah satu destinasi andalan dalam Taman Nasional Geopark ini,” ungkapnya.

Diketahui, dengan status tersebut, maka pilihan wisata Taman Nasional Geopark di Indonesia semakin lengkap. Selain Maros-Pangkep.

Destinasi baru yang menambah kekuatan destinasi alam di Indonesia yang ditetapkan sebagai Taman Nasional Geopark itu yakni Aspiring Geopark Belitung, Geopark Raja Ampat, Geopark Tambora dan Geopark Bojonegoro.(*)