#

Menakjubkan, Sebaran Dukungan IYL-Cakka Merata di 24 Kabupaten/Kota

Rabu, 29 November 2017 | 14:06 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Selatan resmi menerima berkas dukungan jalur perseorangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka). Dari hasil seleksi hitungan sebaran dan jumlah dukungan, sebaran dukungan rakyat untuk IYL-Cakka merata di 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel.
 
Hal ini dikatakan oleh ketua tim Rumah Kita, Bahar Ngitung usai menerima Surat Keputusan (SK) tentang bakal calon perseorangan yang memenuhi syarat untuk dilakukan verifikasi administrasi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel tahun 2018, pada Rabu dini hari (29/11/2017).
 
“Sebarannya merata di 24 Kabupaten/Kota, dengan hasil seleksi KPU, yang memenuhi syarat berada di 2.698 Kabupaten/Kota,” kata Obama, sapaan akrab Bahar Ngitung.
 
Dari hasil penelitian berkas, KPU mencantumkan total dukungan IYL-Cakka yang terverifikasi mencapai 686 ribu. Atau melebihi 196 ribu (41 persen) dari syarat minimal dukungan perseorangan Pilgub Sulsel yang dipatok 480 ribu.
 
Obama menjelaskan, pihaknya sebenarnya menyerahkan 1 juta bukti dukungan rakyat, hanya saja, ada kurang lebih 200 ribu masih mengikuti format lama, sehingga yang dapat diseleksi hanya kurang lebih 748.484 yang tersebar di 3.407 Desa/Kelurahan.
 
“Jadi ada margin errornya lebih 10 persen, ini masih batas kewajaran yah, menurut kami,” ucap anggota DPD RI ini.
 
Hanya memang setelah diseleksi oleh KPUD Sulsel, yang dinyatakan lolos dan dilanjutkan pada proses verifikasi administrasi sebanyak 686.720 bukti dukungan. 
 
“Ada kurang lebih 61 ribu yang tidak dapat diverifikasi. Oleh karena itu, kami atas nama tim dan tentu saja atas nama Ichsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar menyampaikan terima kasih banayk atas kerja keras yang dilakukan oleh pihak KPU,” tuturnya.(*)


BACA JUGA