Mahasiswa UMMA Penelitian di PPLH Takalar

Kamis, 30 November 2017 | 19:16 Wita - Editor: Sapriady Putra - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GoSulsel.com – Laut yang di dalamnya terdapat biota laut adalah salah satu sumber kehidupan yang penting bagi manusia. Namun, tidak jarang manusia sendiri merusaknya hingga berdampak bagi kehidupan manusia itu sendiri.

 

Biota laut adalah merupakan bahagian dari flora dan fauna yang terdapat di dalam laut, baik itu tumbuhan, hewan ataupun karang. Maka dari itu, untuk meningkatkan pemahaman khususnya pada mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muslim Maros (UMMA) Program Studi (Prodi) Biologi semester 3 gelar Kuliah Lapangan (Kulap) di Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo Takalar. Kamis (30/11/2017).

 

Dimana, kegiatan Kulap yang diikuti sebanyak 43 mahasiswa Prodi Biologi ini, sebagai bentuk pengenalan terhadap jenis hewan dan tumbuhan rendah. 

 

“Ini kegiatan pengenalan lapangan pertama bagi mahasiswa dan mahasiswi semester 3. Lewat Kulap ini, mereka diharapkan supaya bisa lebih mengenal lagi mengenai biota laut, seperti terumbu karang, alga dan lain sebagainya,” ujar Ketua Program Studi Biologi Warda Murti.

Lewat kegiatan sehari yang bertepatan dengan pelantikan rektor pertama dari UMMA Ini. Mahasiswa juga diberi pengarahan Akan pentingnya menjaga ekosistem biota laut. 

 

“Selain terjun langsung ke laut melihat lebih dekat biota yang ada. Mahasiswa juga diberi pengarahan serta beberapa persoalan dampak lingkungan yang berakibat pada kerusakan ekosistem. Harap kedepan dari mahasiswa ekosistem bisa lebih terjaga dan menerapkan pembelajaran ini kepada siswa dan siswinya nanti setelah mengajar,” jelas pendamping Kulap mahasiswa Muhammad Anas. 

 

Ia juga berharap agar kedepannya kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut bahkan dikembangkan. Demi kepentingan ilmu pengetahuan juga mengasah kompetensi mahasiswa keguruan terkhusus pada Prodi Biologi FKIP UMMA. (*)