Pertumbuhan Ekonomi Sulsel 2017 Tetap di Atas Nasional

Rabu, 13 Desember 2017 | 14:21 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Kondisi perekonomian Sulawesi Selatan untuk keseluruhan 2017 diperkirakan tetap kuat. Tingkat pertumbuhan diperkirakan berada dalam kisaran 6,7% – 7,1%.

“Diperkirakan pertumbuhan ekonomi Sulsel lebih tinggi dibandingkan perkiraan pertumbuhan nasional yang berada pada tingkat 5,1%,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia saat ditemui tadi malam.

Pertumbuhan ekonomi Sulsel hingga akhir tahun 2017 akan ditopang oleh sektor konstruksi, perdagangan besar dan eceran, penyediaan akomodasi dan makan minum. Hingga September 2017, lapangan usaha ekonomi tersebut mampu tumbuh di atas 6%. 

Pembangunan proyek infrastruktur berskala nasional, serta berbagai sarana dalam mendukung perdagangan dan pariwisata, menjadi penyangga saat produksi sektor utama mengalami penurunan.

“Kami tak menafikkan adanya risiko perlambatan yang perlu diantisipasi ke depan, terutama perlambatan akibat turunnya nilai surplus neraca perdagangan luar negeri,” ujarnya.

Ekspansi sektor swasta dan pemerintah untuk investasi memang tidak bisa dihindari, sehingga mendorong naiknya kebutuhan bahan baku dan barang modal dari impor, sementara di sisi lain ekspor barang ke luar negeri mengalami penurunan di mid kedua 2017.(*)

 


BACA JUGA