Idap Gangguan Jiwa, Warga di Mallawa Bakar Rumah Sendiri

Rabu, 03 Januari 2018 | 11:52 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, Gosulsel.com – Makmur (45) yang diduga mengalami gangguan jiwa, membakar rumahnya sendiri di Dusun Batu Maddenring, Desa Batu Putih, Kecamatan Mallawa, Maros, Selasa (02/01) sekira pukul 22.00 wita. 

Makmur yang bekerja sebagai petani, saat sebelum membakar rumahnya sempat mengeluarkan istrinya Jumaliah (35) bersama anaknya Abdullah (3), lalu membawa mereka ke rumah orang tuanya yang berjarak sekitar 20 kilometer dari tempat kejadian perkara (TKP).

Setelah membawa istri dan anaknya, iapun kembali ke TKP dan langsung membakar rumahnya pada bagian dapur. Warga yang melihat kobaran api sekonyong bergegas berusaha memadamkan si jago merah.

Namun sayang api menjalar sedemikian cepat hingga menghanguskan rumah hingga ratah dengan tanah. Selain rumah, api juga ikut memanggang satu unit sepeda motor bebek jenis Honda Supra X.



“Pelaku pembakaran adalah pemilik rumah sendiri, mengalami gangguan jiwa sejak tahun 2015 lalu dan pernah berobat di rumah sakit Dadi Makassar,” ujar Kapolsek Mallawa AKP Ribi, Rabu (03/01/2018).

Usai membakar rumahnya, pelaku sendiri langsung lari kerumah orang tuanya untuk bersembunyi dengan membawa sebilah parang dan sepucuk tombak. 

“Saat ini kita lakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan mengamankan rumah tempat pelaku bersembunyi karena membawa parang dan tombak. Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir senilai Rp 70 juta,” katanya. 

Dua unit mobil pemadam kebakaran dari Kecamatan Camba dan Kecamatan Lapri Bone yang tiba di lokasi hanya bisa memadamkan sisa bara api dari rumah yang terbakar.(*)