Atasi Genangan di Jl AP Pettarani, BBPJN Butuh Rp20 M

Selasa, 09 Januari 2018 | 16:37 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com –  Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII mengusulkan strategi penanggulangan genangan di Jl AP Pettarani, Makassar, yang muncul setiap kali hujan turun.

Kepala BBPJN XIII Miftachul Munir menjelaskan, setelah melalukan survey dan melihat kondisi AP Pettarani jika hujan turun, persoalannya adalah air mengalir ke badan jalan. 

“Kami mengusulkan agar genangan di Jalan AP Pettarani tersebut dialirkan ke kanal. Sementara kita minta space lahan di Jl Landak (Andi Djemma) dan Jl Sungai Saddang,” kata Miftachul Munir, Selasa 9 Januari. 

Ia menjelaskan, saat ini drainase di sepanjang Jalan AP pettarani hanya dirancang untuk mengalirkan air dari badan jalan, namun dengan pesatnya perkembangan kawasan di sekitar jalan tersebut, drainase tersebut tidak lagi memadai. 



Menurut dia, dibutuhkan sinergitas antara drainase kawasan dengan dengan drainase pemukiman untuk mengatasi masalah genangan di jalan protokol tersebut.

Terkait anggaran, lanjutnya, pihaknya sudah melaporkan persoalan ini ke Jakarta dan berharap ada alokasi anggaran yang bisa disisipkan untuk membenahi drainase sepanjang jalan nasional tersebut. 

Diperkirakan untuk menanggulangi persoalan genangan itu, butuh anggaran sekitar Rp20 miliar. “Dananya belum ada, namun kita coba usulkan ke Jakarta, kami berharap bisa memperoleh anggaran dari dana sisa lelang nasional,” kata dia.

Dia mengaku pihaknya sudah melakukan survey, detailkan akan difinalkan. Saat ini, lanjutnya, yang cukup mendesak untuk dilakukan adalan membersihkan endapan saluran di sepanjang AP Pettarani sampai pertigaan Urip Sumiharjo sepanjang 1,5 km. Namun dia mengaku cukup terkendala dengan kehadiran pedagang kali lima.

Ia berharap pekerjaan ini dapat dilakukan secepatnya, dengan koordinasi bersama dinas di tingkat provinsi dan kota, serta Balai Besar Wilayah Sungai Jeneberang Pompengan. “Kita akan selesaikan dulu desainnya,” imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Pemprov Sulsel Andi  Dharmawan Bintang mengatakan pihaknya siap mendukung upaya tersebut. 

Dia setuju jika air yang tergenang di AP Pettarani diarahkan ke kanal. “Harus segera dilaksanakan. Kami siap membantu upaya tersebut, ” ungkapnya. (*)


BACA JUGA