Tim Monev Bappenas Deklarasi Anti Bully di SMPN 3 Sungguminasa

Selasa, 09 Januari 2018 | 19:56 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Tim monitoring dan evaluasi (Monev) Bappenas berkunjung ke SMPN 3 Sungguminasa, Selasa (9/1/2018). Kedatangan Tim yang dipimpin oleh Asisten Deputi Perlindungan Anak Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Marwan Syukani, untuk dekalarasi anti bully. 

“Kunjungan ke siswa SMP ini untuk  program Pencegahan Bullying,”kata Sekretaris Daerah, H Muchlis.

Mantan Kepala Bappeda Gowa ini mengatakan, Pemerintah Indonesia telah menetapkan perlindungan anak sebagai prioritas nasional hingga tahun 2019 mendatang sebagaimana tercantum dalam RPJMN 2015-2019.

“Dalam perlindungan itu ditetapkan aturan mengenai larangan kekerasan terhadap anak khususnya di konteks sekolah yang diatur dalam UU perlindungan anak serta peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 82 tahun 2015 tentang penanggulangan kekerasan di satuan pendidikan,” jelasnya. 

H Muchlis juga menekankan bahwa dikalangan siswa, hal yang sering terjadi yakni kasus perundungan atau Bullying antar sebaya. Untuk meminimalisir hal tersebut, peran guru dan orangtua sangat diharapkan. 

“Untuk itu guru maupun orangtua sebagai pendidik perlu mendorong dan membiasakan penerapan disiplin yang baik (positif) dan pengendalian diri anak atau yang disebut disiplin positif dalam kehidupan anak sehari-hari baik di sekolah, di rumah maupun di lingkungan pergaulan mereka sendiri, sehingga tujuan yang ingin dicapai di SMPN 3 Sungguminasa yakni agar guru dapat mewujudkan iklim positif dapat terealisasi,” harap Sekda Gowa.

Sementara, Marwan Syukani mengaku salut dengan kreativitas yang ditunjukkan para siswa SMPN 3 Sungguminasa sebagai agen perubahan di sekolah. 

“Saya berharap, sebagai agen perubahan di sekolah, terkhusus di tingkat SMP, SMPN 3 Sunghuminasa mampu diikuti oleh seluruh sekolah, khususnya di tingkat SMP sehingga pendidikan menengah pertama ini berisi siswa-siswa yang memiliki pikiran positif,” harapnya. (*)