#

Jangan Sembunyikan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Kandidat Gubernur

Senin, 15 Januari 2018 | 21:39 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Sebanyak 37 bakal calon kepala daerah Kabupaten/Kota se-Sulsel dan 4 Kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur telah melakukan tes kesehatan dan kejiwaan di PCC RSUD Wahidin Sudirohusodo.

Hanya saja, tim pemeriksa dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersepakat untuk tidak mempublikasikan hasil pemeriksaan itu. Mereka akan menyerahkan ke KPU Sulsel secara tertutup.

Selain karena membutuhkan anggaran yang tidak terbilang sedikit, serta masuk dalam tahapan strategis Peraturan KPU (PKPU), tentu tes kesehatan ini diharap tidak menjadi seremoni semata.

Menanggapi hal itu, pemerhati kesehatan, Irwan Chomaeni mengatakan, seyogyanya baik IDI maupun KPU harus memberikan transparansi hasil lab dan pemeriksaan kesehatan bakal calon.



Dosen pengasuh Fakultas Farmasi UIT Makassar ini mengatakan, pembacaan rekam medis hasil tes kesehatan harus ditransparansikan, ini untuk menghindari adanya tudingan miring terhadap kesehatan calon tersebut.

“Dengan diumumkannya hasil pemeriksaan kesehatan para calon, masyarakat akan semakin paham, mana para calon yang memenuhi syarat kelayakan kesehatan sesuai standar yang diperiksakan,” kata Irwan saat dikonfirmasi, Senin (15/01/2018).

Halaman: