#

IKK Borongloe Sasar Daerah Ekstrim, Pelanggan Capai 2000

Selasa, 16 Januari 2018 | 10:45 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Bontomarannu, GoSulsel.com— PDAM Gowa melalui IKK Borongloe melakukan ekspansi layanan air bersih. Ratusan KK yang selama ini kesulitan air bersih di Dusun Samaya, Kecamatan Bontomarannu mendapatkan sambungan baru.

Kepala IKK Borongloe, Muhammad Ridwan Sabir mengatakan, ratusan kk itu berada di daerah pelayanan bagian Timur IKK Bontomarannu. Mereka belum terjangkau air PDAM, karena tempat tinggalnya yang cukup ekstrim. Letaknya di bagian utara IPA Samaya.

“Kendala selama ini, koneksi pipa sambungan bermasalah, akibat elevasi daerah tersebut ekstrim. Tapi dengan tekad dan kerja keras kita. Ratusan KK di Samaya itu kini sudah terjangkau air PDAM,” beber Ridwan Sabir, Senin, 15 Januari 2018.

Dengan terjangkaunya ratusan KK itu, maka otomatis jumlah pelanggan air bersih yang tercakup dalam wilayah pelayanan IKK Borongloe bertambah. Saat ini, sebut Ridwan, jumlah total pelanggan mencapai 2000 lebih. “Jumlah pelanggan itu belum termasuk 400 pelanggan baru yang dilayani dalam program MBR.,” kata dia.



Terus bertambahnya cakupan layanan serta jumlah pelanggan tersebut, membuat pihaknya terus berusaha memperbaiki kualitas produksi air bersih ke masyarakat. Makanya, hampir setiap saat kondisi air terus diawasi. Salah satu yang jadi fokus, adalah tingkat kekeruhan air (NTU) khususnya di musim hujan.

“Masalah kuantitas dan kualitas produksi air bersih menjadi perhatian utama kita di musim hujan. Walau demikian, sejauh ini belum ada masalah. Tingkat kekeruhan air baku di Bili-bili masih dikisaran 200 Ntu. Masih normal,” urai dia.

Dengan kapasitas produksi air bersih 50 perdetik, IKK Borongloe masih sangat memungkinkan untuk menambah banyak jumlah pelanggan. “Saat ini, produksi air bersih kita baru melayani 30 persen pemanfaatan untuk pelanggan di Wilayah kecamatan Bontomarannu. Sisanya kita arahkan ke daerah perkotaan dan sebagian wilayah Pattallassang,” tandasnya. (#)


BACA JUGA