#

Jalan Tani dan Jalan Dusun Terus Digenjot di Desa Bungaejaya

Rabu, 17 Januari 2018 | 20:05 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Gowa, GoSulsel.com – Desa Bungaejaya, Kecamatan Pallangga, Gowa, semakin menggenjot pembangunan. Berbagai sarana infrastruktur jalan terus ditingkatkan.

Disamping peningkatan jalan tani, sarana jalan dusun juga terus dibenahi. Kepala Desa Bungaejaya, Abdul Muin mengatakan, jalan tani yang dibangun tahun lalu letaknya di Dusun Raja-raja.

“Jalan tani itu untuk mempermudah akses pertanian,” kata dia, Rabu, (17/1/2018).

Ia mengungkapkan, mata pencaharian warga Desa Bungaejaya sebagian besar masih tergantung pada sektor pertanian. Makanya, keberadaan jalan tani sangat vital dalam menunjang kegiatan para petani di desanya.



“Produksi pertanian kita harapkan lebih baik karena aksesnya juga baik,” jelas dia.

Untuk jalan dusun, dibanguni jalan rabat. Jalan rabat itu dibangun dibeberapa dusun. Diantaranya Dusun Raja-raja dengan ukuran 4 m x 130 m , Dusun Raja-Raja satu dengan jalan rabat berukuran 107 m x 100 m. Di Dusun Taipakodong 177 m x 3 m serta perintisan jalan rabat 113m x 4 m.

“Kita juga bangun irigasi sepanjang 160m,” paparnya. Kantor desa juga ikut dibenahi. Tahun ini, pihaknya membangun aula pertemuan. Pembangunan aula kantor desa itu bersamaan dengan perbaikan drainase sepanjang 200m beserta plat dekker di dua dusun, masing-masing Dusun Taipakodong satu dan dusun Taipakodong dua,” tandasnya.

Selain memacu pembangunan infrastruktur, pemerintah Desa Bungaejaya juga mendirikan sebuah taman keluarga. Taman keluarga ini didalamnya ditanami berbagai macam tanaman obat keluarga (toga).

Kepala Desa Bungaejaya, Abdul Muin mengatakan, taman keluarga itu dikelola langsung oleh PKK Desa.
“Jadi taman keluarga itu untuk kepentingan masyarakat desa. Berbagai macam tanaman obat-obatan disediakan di dalam taman keluarga,” tutur Abd Muin.

Pemerintah desa Bungaejaya, lanjut dia sangat getol melaksanakan kegiatan Jumat Ibadah. Program pencerahan kalbu ini diikuti oleh aparat desa dan masyarakat Desa Bungaejaya.

“Jumat ibadah ini sangat penting dalam membina akhlak,” katanya.

Tidak itu saja, setiap Sabtu juga dilaksanakan kegiatan kebersihan. Sementara sektor pelayanan publik juga terus ditingkatkan.

“Dibuka mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 16.00 sore,” pungkasnya. (*)