KPU Luwu Kerahkan 2.972 Penyelenggara Laksanakan Coklit Serentak

Rabu, 17 Januari 2018 | 20:56 Wita - Editor: Irfan Wahab - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

Luwu, GoSulsel.com – Pilkada Luwu dan Pilgub Sulsel yang akan dilaksanakan serentak tahun 2018 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu akan menggelar pencocokan dan penelitian (coklit) serentak tanggal 20 Januari 2018.

Anggota komisioner KPU Luwu Divisi Program dan Data, Zulkifli, mengatakan. Coklit Serentak yang akan dilaksanakan 20 Januari 2018 nanti akan melibatkan jajaran KPU Luwu, Anggota PPK, PPS dan PPDP serta unsur Sekretariat KPU Luwu

“Jumlah peserta yang akan melakukan Coklit Serentak ini sebanyak 2.972 orang penyelenggara, Coklit ini kita akan melakukan kunjungan door to door ke masyarakat termasuk kita akan kunjungi pejabat daerah,” ujar, Zulkifli, saat ditemui diruang kerjanya, kantor KPU Luwu, Rabu (17/1/2018).

Disamping itu, Zulkifli menjelaskan, latar belakang diluncurkannya gerakan Coklit serentak, dengan harapan dapat menjadi perhatian bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan pasrtisipasinya dalam memilih.



“Kami berharap proses Pemilu dapat diikuti dengan tingkat partisipasi yang optimal. Untuk itu kita lakukan proses pendataan lalu dilakukan proses Coklit. Coklit ini merupakan rangkaian proses pemutakhiran data pemilih,” Kata Zulkifli

Zulkifli menambahkan, Coklit serentak ini tidak hanya menyasar masyarakat umum, tetapi juga akan mendatangi rumah sejumlah pejabat lingkup Pemkab Luwu, seperti Bupati-Wakil Bupati Luwu, Sekda Luwu, unsur SKPD maupun pejabat Kepala Dinas/Badan, Camat hingga lurah/kepala desa

“Coklit tanggal 20 Januari 2018 nanti akan kita awali karnaval, kemudian dilanjutkan turun serentak melakukan Coklit 5 rumah untuk setiap petugas Coklit, Bahkan untuk mengoptimalkan hasilnya kita menggelar lomba Selfi Coklit untuk diunggah ke Media sosial dengan hadiah menarik, total hadiah 5 Juta Rupiah,” kata Zulkifli.

Untuk diketahui, Coklit Serentak ini adalah kegiatan pencocokan dan penelitian data dasar dari daftar penduduk potensial pemilih Pemilu (DP4), dari KPU Sulsel, dimana jumlah DP-4 Luwu sebanyak 262.447 pemilih, dengan rincian sebanyak 131.026 pemilih laki-laki dan sebanyak 131.421 pemilih perempuan. (*)