Sebelum Coklit 9.775 Rumah, KPU Luwu Gelar Apel Siaga

Sabtu, 20 Januari 2018 | 16:38 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

Luwu, Gosulsel.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu, melaksanakan apel siaga Gerakan Pencocokan dan Penilitian (Coklit) serentak se Kabupaten Luwu. Apel Siaga ini dilaksanakan di halaman Kantor KPU Kabupaten Luwu, Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Sulsel, Sabtu (20/01/2018).

Coklik serentak pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Tahun 2018 ini dilaksanakan langsung oleh Ketua KPU Luwu, Abd Thayyib Wahid R, Anggota Komisioner KPU Luwu Divisi Program Perencanaan dan Data, Zulfikli ST., M.Si, Divisi SDM dan Parmas, Addy Aqsha, S.Pd.I, Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu, Suhaeb, Divisi Logistik, Istantia, Sekretaris KPU Luwu, Drs. Andi Darmawangsa Rahim, M. Si, Anggota PPK Se Luwu, Anggota PPS Se Luwu, serta Anggota PPDP se-Luwu.

Dalam Coklik serentak ini melibatkan 2.972 penyelenggara termasuk Komisioner KPU Luwu, Sekretariat KPU Luwu, PPK, PPS, dan PPDP se Kabupaten Luwu. Sementara itu jumlah rumah yang dicoklit di hari pertama ini berjumlah 9.775 rumah se Kabupaten Luwu. Coklit serentak ini akan digelar selama 1 bulan, mulai 20 Januari-18 Februari 2018.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Luwu Abd Thayyib, mengharapkan agar pelaksanaan Coklit Serentak ini berjalan dengan sukses. Karena menurutnya, suksesnya pelaksanaan Pilkada dan Pilgub tahun ini tergantung pada kualitas pelaksanaan Coklit.



“Kita memiliki kewajiban agar seluruh warga negara yang memiliki hak pilih, tercatat dalam daftar pemilih. Pelaksanaan Coklit harus sesuai dengan bimtek yang telah diberikan kepada seluruh PPK, PPS dan PPDP,” ujar Abd Thayyib.

Abd Thayyib mengatakan bahwa pihaknya bukan hanya sekedar melakukan Coklit, tapi juga melakukan sosialisasi mengenai pemilihan umum yang akan dilaksanakan 27 Juni 2018 ke depan.

“Kami tidak hanya melaksanakan coklit, tapi juga melakukan sosialisasi bahwa pada 27 Juni 2018 akan dilaksanakan pemilihan umum. Selain itu, kita harus memiliki target selama 30 hari ini bisa berapa rumah dan warga yang bisa kita data,” tambahnya.

Sementara itu, dalam pengarahannya Anggota Komisioner KPU Luwu, Divisi Program Perencanaan dan Data, Zulkifli, mengatakan bahwa harus mencatat pemilih yang sudah memenuhi syarat dan yang belum memenuhi syarat, selain itu juga harus mencatat pemilih disabilitas.

“Kami juga melaksanakan lomba selfie pada saat pelaksanaan Coklit yang nantinya dipilih pemenang terbaik untuk mendapatkan hadiah. Kami harap agar petugas PPDP menjaga integritas pelaksanaan Coklit,” jelasnya.

Hari pertama pelaksanaan Coklit ini menyasar Kecamatan Belopa, Belopa Utara, dan Suli, dimana Coklit ini akan dipantau langsung oleh Komisioner dan staf KPU Luwu, sementara di 19 kecamatan wilayah Luwu akan diserahkan sepenuhnya kepada PPK, PPS, PP2P dan diawasi oleh Panwascam serta Pengawas pemilu Lapangan ( PPL).(*)


BACA JUGA