Keynote Speaker FGD, Wali Kota Makassar Gagas Institut Persampahan

Minggu, 21 Januari 2018 | 10:52 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto hadir sebagai keynote speaker pada acara yang diadakan oleh Focus Group Discussion (FGD) yang bertemakan Strategi eksekutif, Proyek PLTSA di Indonesia, berkaitan dengan target 23 persen EBT ditahun 2025. Kegiatan ini berlangsung diruang Komisi Utama, Gedung II BPPT LantaiĀ 3, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (20/1/18).

Dalam kesempatan ini, dihadapan peserta, Danny memaparkanĀ  program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terkait pengelolaan sampah yang menjadi inovasi percontohan oleh kota – kota lain, program ini juga banyak dilirik oleh beberapa negara. Pengolahan sampah di Makassar kata Danny, langsungĀ  melibatkan masyarakat, dimana mereka bisa melakukan barter sampah dengan beras pada bank sampah yang telah diperadkan pemkot disetiap kelurahan.

pt-vale-indonesia

Program tersebut sudah berlangsung sejak lama, selain memberikan rasa aman kepada masyarakat kota Makassar dari kelaparan juga dapat meningkatkan penghasilan.

“Sekarang ini kita telah mampu mereduksi 20 persen sampah kita dari hasil pemilahan sampah, beras yang ditukarkan juga yaitu beras premium, warga yang tidak mampu akan mendapatkan rasa aman karena mereka tidak akan kelaparan, jika rajin mereka bahkan bisa mendapat penghasilan 2 juta rupiah per bulan dari program ini,” ujar Danny.

Program ini tentunya sangat terstruktur, sistematis dan massif. Untuk kedepannya walikota yang berlatar belakang arsitek ini akan lebih mengembangkan lagi, rencananya Danny akan kembali memperadakan timbangan digital online yang akan dibagi empat unit disetiap bank sampah.

“Ini juga seiring dengan program kita, yakni Makassar tidak rantasa, jadi insya allah tahun depan sebanyak 2 juta kantong plastik sampah akan kita bagi kesetiap rumah warga, tujuannya untuk memudahkan mereka dalam memilah sampah, kita juga sudah menyediakan motor sampah disetiap RW,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan hasil reduksi sampah yang tak terpakai atau sisa, itu yang akan di bawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang kemudian menjadikan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PTSA). “Jadi semua sampah yang tidak direduksi, kita bawa ke TPA dan ini yang kita proses untuk PLTSa,” terangnya.(#)


BACA JUGA