Mengintip Coklit Pemilih Potensial di Kampung Kaki Gunung Sinjai

Senin, 22 Januari 2018 | 11:45 Wita - Editor: Baharuddin -

Sinjai,GoSulsel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memulai proses pencocokan dan penelitian (coklit) data daftar pemilih Pilkada Serentak 2018, mulai pada 20 Januari 2018.

Salah satunya juga mulai dilakukan di tujuh desa dan satu kelurahan berada di kaki gunung Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai. Ada sekitar 13.620 pemilih potensial yang sementara di Coklit berbasis data Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP.

“Ada sekitar 45 petugas PPK dikerahkan untuk coklit di 7 desa dan 1 kelurahan di Kecamatan Sinjai Borong ini,” kata Ketua PPK Sinjai Borong, Mifta, ketika ditemui di lokasi Coklit, di Desa Bontokatute, Minggu (21/1/2018).

Mifta mengatakan, untuk di Desa Bontokatute dan pasir putih dan beberapa desa lainnya sudah berjalan sejak dua hari terakhir ini. Coklit setiap rumahnya agak lama, karena terkadang dalam setiap rumah di huni tiga Kepala Keluarga (KK) dan tidak mempunyai e-KTP.



“Setiap KK ini masih ada yang belum punya e-KTP karena baru pulang merantau. Meski demikian tetap di data dan diminta menandatangani berita acara, kemudian disuruh segera mengurus e-KTP sebelum pencoblosan,” kata dia.

Mifra juga mengatakan, petugas yang melakukan Coklit di desa terpencil ini terkendala jaringan interner untuk melakukan input data. “Meski demikian, kami optimis Coklit di wilayah ini akan rampung tepat waktu,”pungkasnya.


BACA JUGA