Banyak Dikeluhkan, Tahun Ini Jalan Mangka Daeng Bombong akan di Beton

Selasa, 23 Januari 2018 | 16:57 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Banyaknya keluhan masyarakat terkait rusaknya akses jalan di Jalan Mangka Daeng Bombong, kelurahan Tamarunang ini menjadi perhatian penuh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gowa.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan Dinas PU Gowa, Rusdy Ardiyanto mengatakan, bahwa dana untuk pembangunan akses jalan tersebut telah dianggarkan tahun ini.

“Tahun ini sudah dianggarkan, sementara untuk anggarannya ada dalam Daftar Perencanaan Anggaran (DPA) dan telah disetujui oleh Bupati,” ungkap Rusdy saat ditemui diruangannya. Selasa (23/01/2018).

Perencanaan jalan beton, kata Rusdy dilakukan selama Dua bulan, kemungkinan bulan 4-5 baru akan dilakukan pengerjaan jalan beton tersebut.



Rusdy juga mengatakan salah satu alasan pihak PU untuk membeton jalan diwilayah tersebut karena daerah sekitaran itu rawan tergenang air.

“Makanya kita akan kasih beton, kalau aspal, satu atau dua tahun akan rusak lagi,” ujarnya.

Selain itu, untuk survei perencanaan beton jalan ini, yakni seorang Konsultan akan di dampingi tim PU untuk turun langsung mensurvei kondisi jalan.

“Di PAD sudah jelas berapa anggarannya, nanti konsultan turun berdasarkan anggaran yang ada, berapa volume yang akan dikerja,” jelasnya.

Selain pembetonan jalan, kata Rusdy, juga dibutuhkan Talut sebagai fasilitas jalan, Talut mampu mencegah jatuhnya badan jalan yang telah dibeton.

Rusdy juga menjelaskan proses perencanaan Jalan beton ini mulai dari mengetahui kondisi kerusakan jalan saat ini, kemudian item apa yang dibutuhkan untuk penanganan awal.

“Apakah harus ditimbun dulu baru di beton atau seperti apa, nah itu semua konsultan perencanaan yang mendesainnya, setelah didesain, dilakukan lagi pelelangan untuk pengerjaan fisiknya selama kurang lebih sebulan, setelah lelang fisik selesai, keluar pemenang, langsung dilakukan penandatanganan kontrak, setelah itu barulah dilakukanlah pengerjaan hingga beberapa bulan kedepan, tapi inshaAllah tahun ini dilakukan,” Ungkap Rusdy. (*)


BACA JUGA