Logo Kabupaten Gowa

Gowa Bangun Dua Sekolah Baru, Ini Lokasinya

Selasa, 23 Januari 2018 | 00:53 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Gowa, Gosulsel.com — Jumlah sekolah di Kabupaten Gowa bertambah. Tahun ini, ada dua Unit Sekolah Baru (USB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dibangun. Yakni SMP Negeri 3 Barombong dan SMP Negeri 5 Sungguminasa.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Dr Johar mengatakan, pembangunan dua SMP baru itu diharapkan sudah berjalan tahun 2018 ini. Biaya pembangunannya menggunakan dana APBN. 

“Berdasarkan proposal yang kita ajukan ke Direktorat Kementerian Pendidikan, Gowa diberi jatah dua SMP baru dari 20 kuota rencana sekolah baru di tanah air. Segala administrasi termasuk lokasi pembangunannya kita sudah siapkan,” beber Dr Johar kepada Gosulsel.com di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Senin (22/01/2018). 

Lokasi pembangunan kedua SMP baru tersebut, kata Johar merupakan aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa. Untuk SMP Negeri 3 Barombong dibangun di atas lahan seluas 600 are. Sementara SMP Negeri 5 Sungguminasa dibangun di atas lahan seluas 51 hektare di Macanda. “Semua lahan itu memiliki sertifikat atas nama Pemda Gowa,” ungkapnya. 



Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Dr Salam menambahkan, pembangunan SMP Negeri 3 Barombong akan dilakukan lebih dahulu. Setelah itu baru SMP Negeri 5 Sungguminasa. Khusus SMP Negeri 5 Sungguminasa, ditargetkan rampung 2019. 

“Yang jelas syarat-syarat administrasi pembangunan sekolah itu sudah terpenuhi. Sisa menunggu petunjuk pusat soal teknis pekerjaan dan nilai anggarannya,” pungkasnya. 

Saat ini jumlah sekolah SMP di Gowa 107 unit meliputi sekolah negeri dan swasta. Nantinya keberadaan dua SMP baru itu menjadikan jumlah sekolah SMP di Gowa mencapai 109 unit.(*)


BACA JUGA