Bupati Luwu Utara Andi Indah Putri Indrian

Bupati Indah Putri Menangis Ingat Pesan SYL

Kamis, 25 Januari 2018 | 10:23 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Luwu Gosulsel.com – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) menghadiri Peringatan Hari Jadi Luwu (HJL) Ke-750 dan Hari Jadi Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) Ke-72 Tahun 2018, yang dipusatkan di Lapangan Tamsis, Kabupaten Luwu Utara, Rabu (24/1/2018).

SYL disambut dengan tarian kolosol Mamesa dan adat Luwu, serta Yang Mulia Sri Paduka Datu Luwu ke-40 Andi Maradang Mackulau Opu Daeng Bau, dengan hangat.

Sedianya, puncak Hari Jadi ini dilaksanakan pada 23 Januari kemarin. Adapun tema peringatan HJL dan HPRL tahun ini “Bersatu Membangun Tanah Luwu Berlandaskan Kearifan Lokal”.

Bupati Luwu Utara Andi Indah Putri Indriani, mengatakan, ada empat nilai yang dimiliki oleh masyarakat Luwu, sehingga menjadi daerah terdepan dan memiliki sejarah yang gemilang.



“Terima kasih Pak Gubernur, yang Insya Allah akan dikukuhkan jadi Profesor. Dalam sebuah kesempatan kami mencatat Pak Gub menyebutkan ada empat nilai yang melekat pada orang Luwu,” kata Indah Putri.

Pertama, selalu berpegang pada agama sebagai pijakan. Kedua, sangat memuliakan dan terkenal dengan budaya dan kearifan lokal. Ketiga, memegang komitmen.

“Keempat, orang Luwu ulet dan pekerja keras dalam berusaha. Empat nilai ini yang menjadi kekuatan dan modal kita untuk membangun tanah lokal,” sebutnya.

Bupati perempuan pertama ini juga kemudian mengucapkan terima kasih atas kepempinan SYL selama sepuluh tahun. Bahkan di tengah sambutan Ia sempat berhenti beberapa saat, meneteskan air mata kemudian melanjutkan. Demikian juga Wakil Bupati Luwu Utara Muh Thahar Rum ikut terharu, matanya terlihat berkaca-kaca.

“Yang paling penting seberapa banyak yang telah kita berikan untuk orang lain, ini saya tujukan untuk Pak Gubernur, terima kasih,” ucap Indah dengan suara bergetar.

Di akhir jabatan, Indah menyebutkan bahwa gubernur memberikan hadiah untuk perbaikan jalan poros Sabbang-Seko Rp 24 miliar. Sebagai bukti, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Sulsel tidak tinggal diam memberikan perhatian pada wilayah Luwu Raya.

Sementara itu, Gubernur SYL mengaku sangat bahagia bisa hadir di hari jadi Luwu kali ini. Menurutnya, sekecil apa pun ia saat ini sebagai gubernur, ini hadir karena kontribusi dari Luwu Utara dan Luwu Timur secara keseluruhan.

“Semoga tahun ini kabupaten/kota yang ada di wilayah Luwu Raya akan lebih baik dalam berbagai sektor,” harapnya.

Usai sambutan, SYL memberikan bantuan Rp500 juta untuk pelaksanaan acara Festival Keraton kepada Kedatuan Luwu. (*)


BACA JUGA