Hingga Desember 2017, Ini Jumlah Makassar New Port Serap Anggaran

Jumat, 26 Januari 2018 | 17:49 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Hingga Desember 2017, penyerapan anggaran Makassar New Port (MNP) mencapai 40% atau Rp600 miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan Pelindo IV, Farid Padang, ditemui saat mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kunjungannya ke MNP, Jumat (26/01/2018).

Adapun kebutuhan investasi setiap paket untuk Tahap I ini, yakni paket A menyerap anggaran sebesar Rp326 miliar, paket B sebesar Rp1,06 triliun dan untuk paket C mencapai Rp228 miliar.

Farid menuturkan, dalam menyelesaikan MNP Tahap I, cukup banyak kedala yang ditemui pihaknya. Selain faktor cuaca ekstrim, persoalan lahan juga menjadi masalah besar yang dihadapi di dalam tahap pembangunan mega proyek ini.



“Belum lagi masalah penemuan 9 ranjau bom yang cukup menjadi kendala besar pada beberapa waktu lalu. Dimana, pembangunan MNP Tahap I sempat terhenti. Bersyukur, bersama Angkatan Laut, ranjau tersebut berhasil dijinakkan dan kami bisa melanjutkan kembali pembangunan MNP. Semoga kendala berarti tidak lagi kami temui,” paparnya.

Farid juga mengatakan, selain merampungkan Tahap I A, pihaknya kini juga tengah melakukan persiapan untuk pembangunan dermaga sepanjang 670 meter untuk Tahap I B dan C.

“Sehingga ketika Tahap I A nanti rampung, kami bisa langsung mengerjakan yang Tahap I B dan C,” tutupnya.


BACA JUGA